bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

Lembar Observasi Keterampilan Kooperatif Siswa

Jumat

Lembar Observasi Keterampilan Kooperatif Siswa


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BKKlik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini

Beberapa waktu yang lalu, di blog sederhana ini telah dipublikasikan Lembar Observasi kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran Kooperatif. Nah, kali ini kami akan memposting lembar observasi keterampilan kooperatif siswa. Tahu kan apa itu keterampilan kooperatif? Keterampilan kooperatif adalah keterampilan yang harus diajarkan kepada siswa saat guru menerapkan pembelajaran kooperatif di kelasnya.

Keterampilan kooperatif ini berfungsi untukmelancarkan hubungan kerja dan tugas, sehingga merupakan keterampilan yang dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan ini bagus dikuasai oleh siswa karena akan dipakai sepanjang hayat oleh mereka. Menurut Lundgren (1994), ada banyak keterampilan kooperatif yang dapat dilatihkan kepada siswa saat guru melaksanakan pembelajaran kooperatif. Dan, pada dasarnya, keterampilan-keterampilan kooperatif itu dapat dikelompokkan menjadi keterampilan kooperatif tingkat awal, keterampilan kooperatif tingkat menengah, dan keterampilan kooperatif tingkatmahir (lanjut).

Jadi, bagi anda yang sedang melakukan PTK (penelitian Tindakan Kelas) yang berkaitan dengan pembelajaran kooperatif, ada baiknya juga meneliti aspek keterampilan kooperatif yang telah dikuasi siswa saat pembelajaran sedang berlangsung. Untuk mengamatinya (menjaring data yang diperlukan) berkaitan dengan keterampilan kooperatif ini, anda dapat menggunakan instrumen .penggali data berikut: Lembar Observasi Keterampilan Kooperatif Siswa. Silakan download di sini ya....LEMBAR OBSERVASI KETERAMPILAN KOOPERATIF SISWA

0 komentar:

Posting Komentar

JASA PEMBUATAN PTBK

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294
JASA PTBK