bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION : CARA MENGEVALUASI PROSES INKUIRI

Kamis

MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION : CARA MENGEVALUASI PROSES INKUIRI


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BKKlik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini



Blog http://penelitiantindakankelas.blogspot.com kali ini kembali mencoba memberikan contoh alat evaluasi. Kali ini yang dicoba untuk ditampilkan adalah cara mengevaluasi proses inkuiri yang dilakukan oleh siswa saat mengikuti pembelajaran model kooperatif tipe group-investigation (GI / Kelompok-Investigasi).

Sebagaimana para guru mungkin sudah ketahui, salah satu bagian penting dalam model pembelajaran kooperatif tipe group investigation adalah adanya kegiatan / proses inkuri oleh kelompok-kelompok kooperatif siswa.

Salah satu tujuan dalam pembelajaran kooperatif group investigation adalah: siswa belajar bagaimana proses inkuiri, sebagaimana yang dilakukan oleh para ilmuwan itu dilakukan. Dalam hal ini tentu meliputi (1) tujuan inkuiri itu sendiri, (2) bagaimana proses inkuiri itu mereka lakukan; dan (3) produk dari inkuiri. Siswa-siswa dalam kegiatan ber-inkuiri ini seharusnya diajak merefleksi proses yang telah mereka lakukan, dan mengevaluasi kinerja mereka dalam ber-inkuiri.


Evaluasi dapat dilakukan melalui bentuk skala rating atau daftar ceklis. Melalui format evaluasi ini mereka diharapkan dapat melakukan evaluasi diri (evaluasi mandiri) saat diajak berpikir reflektif tentang  kegiatan inkuiri yang telah mereka lakukan. Penggunaan skala rating atau ceklis berupa evaluasi diri /evaluasi mandiri ini sangat bagus juga untuk meningkatkan kemampuan siswa berpikir analitis. Selain, tentu dapat menstimulasi terjadinya diskusi antar anggota-anggota kelompok kooperatif berdasarkan rambu-rambu dari skala rating / daftar ceklis tersebut.


Contoh skala rating evaluasi proses inkuri (evaluasi diri) siswa dalam melakukan inkuiri dapat di download melalui link berikut:
Skala Rating Evaluasi Kegiatan Inkuiri Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group-Investigation.

Contoh daftar ceklis untuk evaluasi proses inkuiri (evaluasi diri) siswa dalam melakukan inkuiri dapat di download melalui link berikut:
Daftar Ceklis Evaluasi Kegiatan Inkuiri Siswa pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group-Investigation.

Semoga tulisan kali ini bermanfaat buat anda yang sedang atau akan melakukan penelitian tindakan kelas (ptk) tentang model pembelajaran kooperatif tipe group investigation. Salam ptk. :)

0 komentar:

Posting Komentar

JASA PEMBUATAN PTBK

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294
JASA PTBK