bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

Tugas Makalah Bimbingan Konseling

Sabtu



Tugas Makalah Bimbingan Konseling







Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini


Atau Cek FB Kami KLIK DISINI



KATA PENGANTAR


Assalamualaikum wr.wb
Puji syukur kehadirat Allah yang telah memberikan rahmat serta hidayahNya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah Bimbingan Konseling dengan judul “Pelaksanaan Bimbingan Konseling di SMP”
Terimakasih saya ucapkan kepada pihak-pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan makalah ini serta Bapak Suharso selaku dosen Mata Kuliah Bimbingan Konseling yang telah memberikan tugas ini.
Demikian makalah ini, semoga akan memberikan manfaat bagi pembaca dan menambah wawasan tentang ujung perbatasan Indonesia. Di dalam makalah ini, saya menyadari masih terdapat kekurangan oleh sebab itu saya berharap adanya kritik dan saran yang dapat menjadikan makalah ini lebih baik lagi.
Wassalamualaikum wr.wb


Semarang,13 Desember 2015

Novi Jumatiningrum





DAFTAR ISI


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

            Pendidikan adalah suatu proses untuk membina dan mengantarkan diri anak didik agar dapat menemukan jati dirinya. Seperti yang sudah dijelaskan dalam Undang-Undang Sistem Penidikan Nasional No. 20 Thun 2003, bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak  mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bagsa dan negara.
            Terkaitkan dengan pelaksanaan kurikulum berbasis kompetensi, maka sistem layanan bimbingan dan konseling di SMP tidak mungkin terselenggara dengan baik, dan pencapaian kompetensi yang harus dimiliki peserta didik sulit diupayakan apabila tidak memiliki manajemen bermutu, dan tidak dilakukan secara jelas dan terarah, faktual dan sistematis. Dalam konteks inilah keberadaan Bimbingan dan Konseling di sekolah menjadi urgen disamping proses pembelajaran. Bahkan saat ini hubungan tiga pilar pendidikan (Pembelajaran, Bimbingan dan Konseling, dan Manajemen / Supervisi ) menjadi sangat urgen untuk dikelola secara kordinatif, kooperatif, dan sinergis, agar mendorong pencapaian kompetensi peserta didik secara optimal.
Adapun pelaksanaan kegiatan bimbingan konseling di Sekolah Menengah Pertama dan sederjat didasarkan pada tingkat perkembangan peserta didik yang berada pada taraf remaja awal yang merupakan tahap kritis yang sangat memerlukan perhatian khusus para pendidik, maka kegiatan pelayanan bimbingan konseling didasarkan pada kondisi dan kebutuhan peserta didik. Dalam hal ini perencanaan pelayanan konseling di sekolah diawali dengan melakukan need assesment, hal ini merupakan salah satu prinsip program layanan BK yang harus dipenuhi.
Untuk mewujudkan terealisasinya program pelayanan konseling yang tepat guna, maka perencanaan hendaknya disusun dengan memberdayakan personil sekolah yang ada dan berfungsi aktif dalam pelayanan konseling di sekolah (kepala sekolah, wakil kepala sekolah, koordinator BK, guru pembimbing, wali kelas, guru mata pelajaran, dan pihak lain sesuai dengan kebutuhan). Selanjutnya, terealisasinya program pelayanan konseling dengan baik tidak terlepas dari ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai sebagai penggerak keterlaksanaan kegiatan bimbingan konseling di sekolah.
Dari uraian diatas maka pada makalah ini akan membahas pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah Menengah Pertama yang sampai sekarang belum sesuai dengan harapan.

B. Rumusan Masalah

1. Apa pengertian Bimbingan Konseling ?
2. Apa saja prinsip-prinsip manajemen pelayanan BK ?
3. Apa fungsi Bimbingan Konseling di SMP ?
4. Apa hukum yang mengatur penyelenggaraan BK di SMP ?
            5. Apa saja permasalahan yang di hadapi BK di SMP ?

C. Tujuan dan Manfaat

1. Untuk mengetahui pengertian bimbingan dan konseling
2. Untuk mengetahui prinsip-prinsip manajemen pelayanan BK
3. Untuk mengetahui fungsi Bimbingan Konseling di SMP
4. Untuk mengetahui hukum yang mengatur penyelenggaraan BK di SMP
                5. Untuk mengetahui permasalahan yang di hadapi BK di SMP

0 komentar:

Posting Komentar

JASA PEMBUATAN PTBK

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294
JASA PTBK