Makalah Bimbingan Konseling dan Penyuluhan
Bimbingan Karir Sebagai Upaya Membantu Siswa SMP Memilih Sekolah Lanjutan
KAMI MEMBUKA JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294 harga klik DISINI
BAB I
PENDAHULUAN
Peserta didik tingkat menengah atau SMP sring kali mengalami kebingungan ketika mereka telah melaksanakan ujian Nasional. Kebingugan tersebut adalah tentang melanjutkan sekolah atau tidak, jika melanjutkan maka pantasnya kesekolah kejuruan atau sekolah menengah umum ,atau mengikuti kursus dan bimbingan belajar. Nah disaat - saat inilah mereka sangat membutuhkan bimbingan. Idealnya bimbingan tidak dilakukan oleh guru di sekolah saja, namun harus dilakukan oleh orang tua juga di rumah. Tapi kenyataan yang sering terjadi di sekolah-sekolah daerah adalah orang tua malah menanyakan kebingungan anak pada sekolah. Dalam pelayanan bimbingan dan konseling ada empat bidang pelayanan
yang harus diberikan kepada siswa yaitu bimbingan pribadi, bimbingan
sosial, bimbingan belajar dan bimbingan karir. Bimbingan karir pada
hakekatnya merupakan salah satu upaya pendidikan melalui pendekatan
pribadi dalam membantu individu untuk mencapai kompetisi yang
diperlukan dalam menghadapi masalah-masalah karir.
Oleh karena itu, disinilah guru BK/BP disekolah berperan, jadi tugas yang dilakukan guru BK/BP di sekolah tingkat menengah atau SMP dalam bimbingan karir adalah membimbing atau menuntun siswa memilih sekolah lanjutan atau aktifitas yang bisa dilakukan setelah peserta didik lulus SMP.
Bimbingan karir disini sangat berguna sekali karena peserta didik merasa dibantu memilih sekolah lanjutan atau aktifitas yang akan dilakukan setelah mereka lulus SMP. Mereka akan dibimbing sesuai dengan kemampuan dan keinginan diri masing-masing siswa.
BAB II
KAJIAN TEORI
1. PENGERTIAN BIMBINGAN KARIR
BIMBINGAN KARIR adalah jenis layanan bimbingan konseling yang bertujuan untuk membantu siswa mengentaskan atau memberi solusi atas karirnnya. Karir disini yang dimaksudkan adalah tidak hanya lingkup pekerjaan tetapi bisa saja sekolah lanjutan atau aktifitas yang menunjang karir siswa.
Namun Donald D. Super (1975) mengartikan bimbingan karir sebagai suatu proses
membantu pribadi untuk mengembangkan penerimaan kesatuan dan gambaran
diri serta peranannya dalam dunia kerja. Menurut batasan ini, ada dua
hal penting, pertama proses membantu individu untuk memahami dan
menerima diri sendiri, dan kedua memahami dan menyesuaikan diri dalam
dunia kerja.Tidak hanya sekedar memberikan respon kepada masalah-masalah yang
muncul, akan tetapi juga membantu memperoleh pengetahuan, sikap, dan
keterampilan yang diperlukan dalam pekerjaan. Penggunaan istilah karier
didalamnya terkandung makna pekerjaan dan jabatan sekaligus rangkaian
kegiatan dalam mencapai tujuan hidup seseorang. Hattari (1983)
menyebutkan bahwa istilah bimbingan karier mengandung konsep yang lebih
luas. Bimbingan jabatan menekankan pada keputusan yang menentukan
pekerjaan tertentu sedangkan bimbingan karier menitikberatkan pada
perencanaan kehidupan seseorang dengan mempertimbangkan keadaan dirinya
dengan lingkungannya agar ia memperoleh pandangan yang lebih luas
tentang pengaruh dari segala peranan positif yang layak dilaksanakannya
dalam masyarakat.
2. TUJUAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR
Tujuan layanan bimbingan
Karir adalah agar siswa dapat :
- Merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir serta kehidupan-nya di masa yang akan datang.
- Mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimiliki peserta didik secara optimal.
- Menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, dan lingkungan kerjanya.
- Mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan study dan lingkungan kerja.
Oleh karenanya Guru pembimbing yang disini adalah guru BK harus membimbing siswa agar siswa dapat :
- Mengenal dan memahami potensi, kekuatan, dan tugas-tugas perkembangannya.
- Mengenal dan memahami potensi atau peluang yang ada di lingkungannya,
- Mengenal dan menentukan tujuan dan rencana hidupnya serta rencana pencapaian tujuan tersebut
- Memahami dan mengatasi kesulitan-kesulitan sendiri.
- Menggunakan kemampuannya untuk kepentingan dirinya, kepentingan lembaga tempat bekerja dan masyarakat.
- Menyesuaikan diri dengan keadaan dan tuntutan dari lingkungannya.
- Mengembangkan segala potensi dan kekuatan yang dimilikinya secara optimal.
3. MEMBERIKAN INFORMASI KARIR
Di dalam arus globalisasi yang memiliki diferensiasi sosial yang semakin
kompleks, khususnya siswa SMP akan dihadapkan pada berbagai macam
kemungkinan pilihan hidup yang penting, seperti pilihan untuk
melanjutkan studi, pilihan tentang dunia kerja, pilihan tentang
pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat, dan semua ini
menuntut kemandirian dalam menjatuhkan pilihannya. Bagi siswa yang tidak
dapat memahami potensi yang dimliki, di duga mereka juga tidak akan
dapat menentukan berbagai macam pilihan karir, akhirnya akan mengalami
masalah. Masalah ini jika tidak diselesaikan maka siswa akan mengalami kebingungan dan ditakutkan salah langkah, disinilah peran guru BK untuk memberikan layanan bimbingan karir.
Permasalahan karir merupakan permasalahan masa depan siswa. Kegiatan masa sekarang akan mewarnai masa depan seseorang. Agar siswa SMP dapat menyiapkan masa depannya dengan baik, siswa harus dibekali dengan sejumlah informasi karir yang akan dipilihnya. Informasi yang cukup dan tepat tentang seseorang individu, merupakan aset bagi individu yang bersangkutan untuk memahami faktor-faktor yang ada pada dirinya, faktor kekuatan maupun faktor kelemahan-kelemahannya. Menurut John Hayes dan Barrie Hopson (1981:37) informasi karir adalah informasi yang mendukung perkembangan bidang pekerjaan, dan berdasarkan informasi itu memungkinkan seseorang mengadakan pengujian akan kesesuaian dengan konsep dirinya. Lebih lanjut dikatakan informasi karir tidak hanya sekedar merupakan objek faktual, tetapi sebagai kemampuan proses psikologis untuk mentransformasikan informasi itu dikaitkan dengan pilihan dan tujuan hidup masa depan.
Informasi yang bisa diberikan kepada siswa SMP tentang karirnya adalah
1. tentang macam-macam sekolah yang ada diseluruh kabupaten atau minimal kecamatan.
2. Kelebihan dan kekurangan sekolah bisa dibaca di selebaran masing-masing sekolah lanjutan
3. Jika memilih sekolah kejuruan maka lihatlah jurusan apa yang sesuai dengan bakat dan minat siswa.
4. Aktifitas lain yang bisa dilakukan jila tidak melanjutkan sekolah adalah lembaga pendidikan kursus.
BAB III
PENUTUP
Berdasarkan uraian diatas maka dapat dikatakan bahwa bimibingan karir
merupakan suatu proses bantuan yang diberikan pada individu melalui
berbagai cara dan bentuk layanan agar ia mampu merencanakan karirnya
dengan mantap sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan, pengetahuan dan
kepribadian serta faktor-faktor yang mendukung kemajuan dirinya.
Faktor-faktor yang mendukung perkembangan diri tersebut misalnya
informasi karir yang diperoleh siswa dan status sosial ekonomi orang
tua. Tujuan bimbingan
karir adalah membantu siswa dengan cara yang sistematis dan terlibat
dalam perkembangan karir. Guru pembimbing hendaknya dapat membantu siswa
merencanakan karirnya sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat yang
dimilikinya.
Makalah bimbingan konseling dan penyuluhan dengan judul Bimbingan Karir Sebagai Upaya Membantu Siswa SMP Memilih Sekolah Lanjutan di buat agar seluruh guru BK/BP diindonesia memang benar-benar melaksanakan layanan bimbingan karir disekolahnya. Karena layanan ini sangat penting diberikan bagi siswa. Layan bimbingan karir ini sangat membantu siswa dalam mimilih sekolah lanjutan bagi siswa SMP. atau memilih dunia kerja bagi sekolah lanjutan.
0 komentar:
Posting Komentar