Komponen yang Dinilai Pada Pembelajaran Kooperatif
JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BKKlik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini
Apakah saat ini anda sedang atau ingin melaksanakan pembelajaran kooperatif di kelas anda? Jika memang demikian ada baiknya anda memperhatikan tulisan berikut yang mencantumkan hal-hal apa saja yang sepatutnya dinilai pada pembelajaran kooperatif, sehingga dapat mempersiapkan pembelajaran kooperatif tersebut dengan baik. Berikut hal-hal tersebut:
Pencapaian Kesuksesan Secara Individual
Cara yang dapat dilakukan oleh anda sebagai guru untuk mengukur kesuksesan belajar siswa secara individual setelah mengikuti pembelajaran kooperatif adalah dengan memberikan tes formatif, atau dengan memberikan kuis yang harus dikerjakan secara mandiri (individual) tanpa kerjasama dengan anggota kelompoknya. Anda juga dapat memberikan tugas lain, tetapi pada intinya, semua harus dikerjakan secara individual.
Pencapaian Kesusksesan Kelompok (Group)
Kesuksesan kelompok dapat diukur dan dievaluasi melalui hal-hal yang telah berhasil dicapai oleh kelompok, seperti penyelesaian tugas yang diberikan kepada mereka, dsb. Apakah tugas yang diberikan dapat diselesaikan? Apakah hasil kerja kelompok akurat sebagaimana yang anda harapkan, atau masih ada kekurangan-kekurangan dan kesalahan? Nah, hal-hal semacam inilah yang menjadi bahan untuk mengevaluasi kinerja kelompok.
Penguasaan Keterampilan-Keterampilan Kooperatif
Penguasaan siswa terhadap keterampilan-keterampilan kooperatif dalam dilihat saat anda melakukan observasi proses pembelajaran. Selain berfungsi mengecek penguasaan keterampilan-keterampilan kooperatif, observasi proses pembelajaran sebenarnya juga baik untuk memicu mereka untuk menggunakan keterampilan-keterampilan tersebut. Anda tentu masih ingat bukan? Untuk melakukan pengamatan gunakanlah lembar observasi dalam bentuk ceklis agar dapat dilakukan dengan mudah dan efisien. Anda cukup mendata frekuensi keterampilan-keterampilan kooperatif apa yang ditunjukkan oleh siswa anda saat mereka sedang bekerja dalam kelompok.
JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BKKlik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini
Apakah saat ini anda sedang atau ingin melaksanakan pembelajaran kooperatif di kelas anda? Jika memang demikian ada baiknya anda memperhatikan tulisan berikut yang mencantumkan hal-hal apa saja yang sepatutnya dinilai pada pembelajaran kooperatif, sehingga dapat mempersiapkan pembelajaran kooperatif tersebut dengan baik. Berikut hal-hal tersebut:
Pencapaian Kesuksesan Secara Individual
Cara yang dapat dilakukan oleh anda sebagai guru untuk mengukur kesuksesan belajar siswa secara individual setelah mengikuti pembelajaran kooperatif adalah dengan memberikan tes formatif, atau dengan memberikan kuis yang harus dikerjakan secara mandiri (individual) tanpa kerjasama dengan anggota kelompoknya. Anda juga dapat memberikan tugas lain, tetapi pada intinya, semua harus dikerjakan secara individual.
Pencapaian Kesusksesan Kelompok (Group)
Kesuksesan kelompok dapat diukur dan dievaluasi melalui hal-hal yang telah berhasil dicapai oleh kelompok, seperti penyelesaian tugas yang diberikan kepada mereka, dsb. Apakah tugas yang diberikan dapat diselesaikan? Apakah hasil kerja kelompok akurat sebagaimana yang anda harapkan, atau masih ada kekurangan-kekurangan dan kesalahan? Nah, hal-hal semacam inilah yang menjadi bahan untuk mengevaluasi kinerja kelompok.
Penguasaan Keterampilan-Keterampilan Kooperatif
Penguasaan siswa terhadap keterampilan-keterampilan kooperatif dalam dilihat saat anda melakukan observasi proses pembelajaran. Selain berfungsi mengecek penguasaan keterampilan-keterampilan kooperatif, observasi proses pembelajaran sebenarnya juga baik untuk memicu mereka untuk menggunakan keterampilan-keterampilan tersebut. Anda tentu masih ingat bukan? Untuk melakukan pengamatan gunakanlah lembar observasi dalam bentuk ceklis agar dapat dilakukan dengan mudah dan efisien. Anda cukup mendata frekuensi keterampilan-keterampilan kooperatif apa yang ditunjukkan oleh siswa anda saat mereka sedang bekerja dalam kelompok.
0 komentar:
Posting Komentar