bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

Model Pebelajaran Induktif – Perspektif Teoritis

Kamis

Model Pebelajaran Induktif – Perspektif Teoritis

Muhammad Faiq Dzaki

Esensi model pembelajaran induktif jika dilihat dari perspektif guru adalah suatu proses memberikan presentasi kepada siswa tentang contoh-contoh/ilustrasi-ilustrasi topik yang akan dipelajari siswa, lalu kemudian membimbing siswa dalam berpikir sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Esensi model pembelajaran induktif jika dilihat dari perspektif siswa adalah sebuah kegiatan belajar merupakan proses untuk menganalisis contoh-contoh/ilustrasi-ilustrasi topik yang diberikan guru untuk menemukan elemen/pola penting tertentu, serta menemukan makna di dalamnya untuk membangun pengetahuan.

Model pembelajaran induktif ini disandarkan pada prinsip kontruktivisme, yaitu sebuah pandangan tentang belajar yang mengatakan bahwa pebelajar/siswa harus membangun sendiri pemahamannya mengenai sesuatu, daripada/dibanding memperolehnya melalui transfer oleh seseorang (dalam hal ini biasanya guru) dalam bentuk yang telah terorganisasi dengan baik. Konstruktivisme yang dikembangkan oleh seorang peneliti terkenal dari Swiss, Jean Piaget, menempatkan siswa/pebelajar sebagai pusat pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar

JASA PEMBUATAN PTBK

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294
JASA PTBK