bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

Sekilas Meninjau Model Pembelajaran Koperatif

Kamis

Sekilas Meninjau Model Pembelajaran Koperatif

Muhammad Faiq Dzaki

Model pembelajaran kooperatif adalah sekelompok strategi mengajar di mana di dalamnya melibatkan siswa untuk bekerja secara berkolaborasi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif tercipta saat para pakar pendidikan berusaha meningkatkan partisipasi siswa, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengenal kepemimpinan dalam kelompok, dan pengalaman membuat keputusan secara bersama, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dan saling belajar dalam perbedaan latar belakang baik sosial, ekonomi, kultural, gender, maupun kemampuan.

Di dalam sebuah pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperatif, siswa belajar untuk bekerja dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran, yang mana hal ini akan membuat mereka bisa mengembangkan keterampilan sosial sebagaimana yang terjadi di dunia nyata.

Ada banyak sekali jenis atau tipe pembelajaran kooperatif, misalnya tipe STAD (Student Teams Achievement Development), TPS (Think-Pairs-Share), Jigsaw, TGT (Teams Games Tournaments), Group Investigation, dll.

Semua tipe pembelajaran kooperatif di atas mempunyai kesamaan, yaitu sama-sama mempunyai tiga (3) komponen esensial berikut: (1) tujuan-tujuan kelompok; (2) akuntabilitas individual; dan (3) kesempatan untuk sukses yang sama.

0 komentar:

Posting Komentar

JASA PEMBUATAN PTBK

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294
JASA PTBK