bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

Perkembangan Menurut Psikologi

Jumat

Perkembangan Menurut Psikologi 

JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini

Istilah perkembangan dalam psikologi pendidikan mengacu pada beberapa perubahan yang terjadi pada manusia. Perubahan yang dimaksud di sini bukan perubahan dalam segala hal, tetapi lebih mengacu pada kenampakan secara urut dan bersifat tetap bertahan sampai periode waktu tertentu.

Perkembangan manusia dapat dibagi ke dalam sejumlah aspek meliputi: perkembangan fisik, perkembangan personal, perkembangan sosial, dan perkembangan kognitif. Perkembangan fisik berkaitan dengan perubahan-perubahan yang terjadi pada tubuh. Perkembangan personal berkaitan dengan perubahan kepribadian. Perkembangan sosial berkaitan dengan bagaimana cara seseorang berhubungan dengan orang lain. Dan perkembangan kognitif mengacu pada perubahan dalam berpikir.

Beberapa prinsip umum tentang perkembangan manusia menurut psikologi pendidikan adalah sebagai berikut:
  1. Setiap orang memiliki laju perkembangan yang berbeda-beda. Pada setiap ruang kelas, kita akan dengan mudah melihatbahwa setiap peserta didik memiliki tingkat perkembangan yang tidak sama. Beberapa siswa mungkin terlihat bertubuh besar, sementara yang lainnya bertubuh lebih kecil. Beberapa siswa mungkin dapat terkoordinasi dengan baik sementara yang lain belum. Dan, beberapa orang siswa mungkin tampak dapat berpikir secara dewasa dibanding siswa lainnya. Perbedaan kecepatan perkebangan pada anak didik adalah hal yang sangat wajar, selama perbedaan itu menunjukkan bahwa mereka tidak terlalu jauh terlambat atau terlalu jauh maju dari tingkat perkembangan seharusnya.
  2. Perkembangan terjadi relatif secara berurutan. Setiap orang umumnya mengembangkan suatu kemampuan terlebih dahulu sebelum ia mengembangkan kemampuan lainnya. Pada masa kanak-kanak, mereka lebih dahulu belajar duduk, baru kemudian berjalan, mengoceh sebelum berbicara, dan melihat segala sesuatu dari sudut pandang mereka sendiri sebelum mereka dapat melihat dari sudut pandang orang lain. Siswa di sekolah, terlebih dahulu harus belajar penjumlahan sebelum mempelajari aljabar.
  3. Perkembangan terjadi secara bertahap. Sangat jarang terjadi suatu perubahan atau perkembangan dalam waktu semalaman. Semua perkembangan membutuhkan waktu. Seorang anak yang tidak dapat memegang pensil dengan baik, atau siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan bersifat hipotetis akan mengembangkan kemampuannya dalam bidang ini secara bertahap dan butuh waktu.
Berhubungan:
Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran
Scaffolding: Contoh Implementasi pada Anak Usia Dini
Teori Piaget
Teori Vygotsky

0 komentar:

Poskan Komentar

JASA PEMBUATAN PTBK

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294
JASA PTBK