bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

Tugas Repleksi Diri

Senin

Tugas Repleksi Diri

JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BKKlik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini


Refleksi diri adalah sebuah proses melihat kembali pengalaman yang telah dijalani untuk dapat menarik pembelajaran bagi diri sendiri dan dilanjutkan dengan penyusunan sebuah rencana atau langkah berikutnya untuk mengurangi kesenjangan yang masih ada antara harapan dan kenyataan.

Terdapat kaitan antara refleksi diri dengan kegiatan OKK PSAF FIK UI 2015. Refleksi diri merupakan suatu upaya untuk belajar dari pelanggaran yang dilakukan, berbagai pengalaman berinteraksi. dan bekerja sama dengan mahasiswa baru lain maupun dengan panitia OKK PSAF FIK UI 2015. Tujuannya ialah untuk meningkatkan rasa tanggung jawab mahasiswa baru atas hal-hal yang telah dilakukan dan meningkatkan kedisiplinan serta kemampuan bekerja sama dalam kegiatan OKK PSAF FIK UI 2015.
Proses refleksi diri secara sederhana berusaha menjawab empat pertanyaan dibawah ini:
  • Apa yang telah terjadi?
  • Mengapa hal tersebut dapat terjadi?
  • Apa yang dapat saya tarik sebagai pembelajaran?
  • Apa yang berbeda yang dapat saya lakukan? Apa rencana saya selanjutnya?

Dalam menyusun refleksi diri, mahasiswa baru perlu berusaha mencari bukti eksternal seperti umpan balik dari teman atau mentor, maupun referensi yang sesuai untuk mendukung akurasi identifikasi pembelajaran dari pelanggaran yang dilakukan. Selain itu, mahasiswa baru juga perlu menghubungkan pengalaman yang sedang direfleksikan ini dengan pengalaman lain yang relevan.
Mahasiswa baru dapat mengambil salah satu pengalaman pelanggaran selama OKK PSAF FIK UI 2015 berlangsung, kemudian direfleksikan dengan mencoba menjawab empat pertanyaan di atas. Pada refleksi diri tersebut, sebaiknya dijabarkan pembelajaran yang diperoleh dalam proses belajar, berinteraksi dan bekerja sama sebagai mahasiswa baru FIK UI 2015, dan apa rencana/tindak lanjut yang akan diambil untuk meningkatkan kedisiplinan dan kemampuan diri dalam bekerja sama sebagai mahasiswa baru FIK UI 2015.
Refleksi diri adalah buah pikir masing-masing individu, oleh karena itu plagiarisme dalam bentuk apapun tidak diperkenankan. Satu pengalaman yang sama seharusnya menghasilkan refleksi diri yang berbeda, jika direfleksikan oleh 2 pribadi yang berbeda.

Komponen penilaian:
  1. Terdapat deskripsi pengalaman belajar yang sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.
  2. Terdapat pembelajaran yang telah diidentifikasi, kemudian menunjukkan hubungan yang eksplisit dengan deskripsi pengalaman/bukti pendukung pembelajaran dari pelanggaran yang dilakukan.
  3. Mengandalkan penilaian diri sendiri dan memasukkan bukti eksternal pendukung hal yang dapat dipelajari dari pengalaman atau pelanggaran terkait.
  4. Secara eksplisit merujuk pada pengalaman sebelumnya yang relevan (yang berhubungan dengan pelanggaran terkait baik positif maupun negatif) dan menjelaskan bagaimana pengalaman sebelumnya berpengaruh terhadap pelanggaran yang terjadi pada saat ini.
  5. Analisis termasuk bukti eksternal pendukung hal yang dapat dipelajari, hubungan dengan pengalaman sebelumnya, dan implikasi yang timbul untuk masa yang akan datang/langkah berikutnya (action plan).

0 komentar:

Poskan Komentar

JASA PEMBUATAN PTBK

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294
JASA PTBK