Pedoman Pelaksanaan Penilaian Portofolio
Muhammad Faiq Dzaki
Berikut ini adalah beberapa pedoman yang dapat digunakan dalam melaksanakan pengajaran yang menggunakan penilaian portofolio. Pedoman tersebut adalah sebagai berikut: (1) Pastikan bahwa setiap siswa memiliki portofolio sendiri; (2) Tetapkan sampel pekerjaan apa yang akan dikumpulkan; (3) Mengumpulkan dan menyimpan sampel‑sampel pekerjaan; (4) Memilih kriteria untuk mengevaluasi sampel kerja portofolio; (5) Mengharuskan siswa mengevaluasi portofolio secara terus menerus; (6) Menjadwalkan dan melaksanakan pertemuan portofolio; dan (7) Melibatkan para orang tua dalam proses penilaian portofolio.
Untuk menumbuhkan budaya portofolio diperlukan kerja sama yang baik antara guru dan siswa. Guru harus mempunyai perencanaan yang matang dan harus selalu siap menerima respon dari siswa. Diperlukan sikap keterbukaan guru dan tanggung jawab siswa atas portofolio yang dimilikinya. Dengan kata lain, kepedulian guru dan siswa dituntut tinggi terhadap pembelajaran yang menggunakan portofolio.
0 komentar:
Posting Komentar