umpulan Contoh Judul Skripsi Pendidikan Biologi
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Biologi atau ilmu hayat adalah ilmu yang mempelajari aspek fisik kehidupan. Istilah "biologi" dipinjam dari bahasa Belanda, biologie, yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani, βίος, bios ("hidup") dan λόγος,logos ("lambang", "ilmu"). Istilah "ilmu hayat" dipinjam dari bahasa Arab, juga berarti "ilmu kehidupan". Obyek kajian biologi pada masa kini sangat luas dan mencakup semua makhluk hidup dalam berbagai aspek kehidupannya.
Berbagai cabang biologi mengkhususkan diri pada setiap kelompok organisme, seperti botani (ilmu tentang tumbuhan), zoologi (ilmu tentang hewan), dan mikrobiologi (ilmu tentang jasad renik). Perbedaan-perbedaan dan pengelompokan berdasarkan ciri-ciri fisik kelompok organisme dipelajari dalam sistematika, yang di dalamnya mencakup pula taksonomi dan paleobiologi.
Berbagai aspek kehidupan dikaji pula dalam biologi. Ciri-ciri fisik bagian tubuh dipelajari dalam anatomi dan morfologi, sementara fungsinya dipelajari dalam fisiologi. Perilaku hewan dipelajari dalam etologi. Perkembangan ciri fisik makhluk hidup dalam kurun waktu panjang dipelajari dalam evolusi, sedangkan pertumbuhan dan perkembangan dalam siklus kehidupan dipelajari dalam biologi perkembangan. Interaksi antar sesama makhluk dan dengan alam sekitar mereka dipelajari dalam ekologi; Mekanisme pewarisan sifat—yang berguna dalam upaya menjaga kelangsungan hidup suatu jenis makhluk hidup—dipelajari dalam genetika.
Saat ini bahkan berkembang aspek biologi yang mengkaji kemungkinan berevolusinya makhluk hidup pada masa yang akan datang, juga kemungkinan adanya makhluk hidup di planet-planet selain bumi, yaitu astrobiologi. Sementara itu, perkembangan teknologi memungkinkan pengkajian pada tingkat molekul penyusun organisme melalui biologi molekular serta biokimia, yang banyak didukung oleh perkembangan teknik komputasi melalui bidang bioinformatika.
Ilmu biologi banyak berkembang pada abad ke-19, dengan ilmuwan menemukan bahwa organisme memiliki karakteristik pokok. Biologi kini merupakan subyek pelajaran sekolah dan universitas di seluruh dunia, dengan lebih dari jutaan makalah dibuat setiap tahun dalam susunan luas jurnal biologi dan kedokteran.
Pembagian berdasarkan organisasi kehidupan
Kehidupan berlangsung dalam hirarki yang terorganisasi. Hirarki organisme, dari yang terkecil hingga yang terbesar yang dipelajari dalam biologi, adalah sebagai berikut:
- sel;
- jaringan;
- organ;
- sistem organ;
- individu;
- populasi;
- komunitas atau masyarakat;
- ekosistem; dan
- bioma.
Kajian-kajian subindividu mencakup biologi sel, anatomi dan cabang-cabangnya (sitologi, histologi dan organologi), dan fisiologi. Pembagian lebih rinci juga mungkin terjadi. Misalnya, anatomi dapat dikhususkan pada setiap organ atau sistem (biasa terjadi dalam ilmu kedokteran): pulmonologi, kardiologi, neurologi, dan sebagainya).
Tingkat supraindividu dipelajari dalam ekologi, yang juga memiliki pengkhususan tersendiri, seperti ekofisiologi atau "fisiologi lingkungan", fenologi, serta ilmu perilaku.
Pembagian berdasarkan interaksi
Hubungan antarunit kehidupan maupun antara unit kehidupan dan lingkungannya terjadi pada semua tingkat organisasi. Selain mempelajari kehidupan melalui berbagai tingkatan di atas, biologi juga mempelajari hal-hal berikut, melalui cabang ilmunya masing-masing:
- Astrobiologi : ilmu pengetahuan spekulatif tentang adanya makhluk hidup selain di bumi.
- biologi perkembangan (developmental biology): ilmu yang mempelajari tahap perkembangan makhluk hidup (ontogeni) dari telur yang dibuahi menjadi individu;
- genetika: ilmu yang mempelajari pewarisan keturunan;
- etologi: ilmu yang mempelajari perilaku makhluk hidup;
- sistematika: ilmu yang mempelajari keanekaragaman organisme dan hubungannya dengan relasi tertentu;
- ekologi: ilmu yang mempelajari habitat dan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya;
- evolusi: ilmu yang mempelajari perubahan yang terjadi pada makhluk hidup; dan
- mikologi : ilmu yang mempelajari mengenai cendawan/ jamur
- mikrobiologi : ilmu yang mempelajari makhluk-makhluk mikroskopis
bahkan terdapat sub ilmu biologi yang berkaitan dengan ilmu lain seperti biokimia dan biofisik, dimana ilmu biologi dilihat dari sudut pandang kimia dan fisika.
Di bawah ini adalah referensi judul skripsi yang kami ambil dari seluruh universitas di indonesia, jika sahabat mahasiswa membutuhkan file lengkap skripsi pendidikan biologi ataupun jurusan biologi bisa memesan paket mega skripsi yang berisi 1300 skripsi semua jurusan hanya dengan mengeluarkan uang saku sebesar Rp.150.000,- saja. Bagi skripsi informatika dan ilmu komputer sebagian telah dilengkapi program+sourcecode lengkap. silahkan pesan Di sini >> Order Mega Skripsi
Kami juga menawarkan paket mega source code lengkap, yaitu kumpulan program, sourcecode, aplikasi Visual Basic (VB), PHP yang berisi lebih dari 160 program+sourcecode lengkap didalamnya, kami mengemasnya di dalam 3 DVD dengan total file 12 giga. Jika sahabat mahasiswa tertarik silahkan memesan di sini >> Order Mega Source code
- POTENSI BUDIDAYA DAN KONSUMSI UBI KAYU PADA MASYARAKAT PETANI DI KAMPUNG ADAT CIREUNDEU KELURAHAN LEUWIGAJAH CIMAHI
- PENGGUNAAN LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA
- POTENSI BIOMASSA SPIRULINA PLANTESIS SEBAGAI BIOSORBEN LOGAM KROMIUM
- PEMANFAATAN JEJARING FACEBOOK DALAM SELF ASSESSMENT ONLINE UNTUK MENILAI SIKAP ILMIAH SISWA PADA HASIL KERJA PRAKTIKUM PENCEMARAN AIR
- AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK MANGGIS (GARANIA MANGOSTANA) TERHADAP PERTUMBUHAN PSEUDOMONAS AEUGINOSA
- PENGARUH RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR
- PENGARUH PRETREATMENT BIOLOGIS DAN INOKULUM SACCHAROMYCES CEREVISIAE TERHADAP PRODUKSI BROETANOL DARI SAMPAH ORGANIK
- PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA PADA KONSEP PENCEMARAN AIR
- PENGARUH PENGGUNAAN ADVANCE ORGANIZERS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN KONSEP ANIMALIA
- PENGARUH PENGGUNAAN BLOG PEMBELAJARAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH MANUSIA
- PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA PADA PRAKTIKUM KLASIFIKASI ALGA
- PERBANDINGAN PENGGUNAAN ALAT EVALUASI BERUPA GAMBAR UNTUK MENGGALI PENGUASAAN KONSEP SEL DAN JARINGAN TUMBUHAN
- PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN STM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP PADA TOPIK PENCEMARAN LINGKUNGAN
- ANALISIS KEMAMPUAN METHODOLOGICAL SISWA SMP PADA PRAKTIKUM PENCERNAAN MELALUI DESAIN PRAKTIKUM BERBASIS DIAGRAM VEE
- IDENTIFIKASI BAKTERI TERMOFILIK AMILOLITIK DARI MATA AIR PANAS CIENGANG DAN GUNUNG DARAJAT, GARUT
- UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA KONSEP EKOSISTEM
(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII SMP Negeri 5 Bandung) - PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA KONSEP DIFUSI DAN OSMOSIS DI KELAS V
- PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA KONSEP FOTOSINTESIS DI KELAS VIII
- PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISTEM PERNAPASAN DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA SMA RSBI
- ASESMEN KESULITAN BELAJAR SISWA SMP DALAM MEMPELAJARI KONSEP KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP
- ASESMEN KESULITAN BELAJAR SISWA SMP DALAM MEMPELAJARI KONSEP KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP
- PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA KONSEP DIFUSI DAN OSMOSIS DI KELAS VIII
- UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN RESPON SISWA KELAS VII DENGAN MENGGUNAKAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) PADA KONSEP EKOSISTEM
(Penelitian Tindakan Kelas di Kelas VII SMP Negeri 5 Bandung) - PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA KONSEP FOTOSINTESIS DI KELAS VIII
- ANALISIS HASIL MINI RISET
GURU-GURU BIOLOGI SMA KOTA BANDUNG - PENGARUH HIDROLISIS ASAM ENCER DAN KONSENTRASI INOKULUM RAGI TAPE TERHADAP PRODUKSI BIOETANOL DARI
KULIT BUAH KAKAO Theobroma cacao L - Analisis Penerapan Metakognitif Berdasarkan Diagram Vee pada Desain Praktikum Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan di SMA
- PERANAN MODEL PEMBELAJARAN 5E BERBASIS INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN INTERPRETASI SISWA
PADA KONSEP ALAT INDERA - PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA BERBASIS GENDER DALAM KONSEP SISTEM PERNAFASAN MANUSIA
- Pengaruh Pemberian Jus Biji Pinang (Areca catechu L.) terhadap Kualitas Sperma Mencit (Mus musculus L.) Galur Swiss Webster
- ANALISIS PENGGUNAAN E-BOOK INTERAKTIF SISWA SMA KELAS XI PADA PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI MANUSIA
- Profil Kreativitas Siswa Dalam Memanfaatkan Limbah Kertas Pada Pembelajaran Konsep Daur Ulang Limbah
- Upaya Mengurangi Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Computer Assisted Instruction (CAI) Tipe Tutorial pada Konsep Sistem Koordinasi : Penelitian Tindakan Kelas
- Identifikasi Bakteri Resisten Logam Krom dari Limbah Cair Industri Penyamakan Kulit Sukaregang Kabupaten Garut
- REMEDIASI MISKONSEPSI SISWA SMU PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALOGI
- PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN EDUKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP PADA KONSEP KEPADATAN POPULASI
- PENGARUH METODE ROLE PLAYING YANG BERMUATAN NILAI PADA PEMBELAJARAN INDERA PENGLIHATAN MANUSIA TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP DAN SIKAP SISWA
- ANALISIS KETERCAKUPAN DOMAIN KOGNITIF SOAL UJIAN SEMESTER 1 MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X RSBI
DI SMA NEGERI KOTA BANDUNG - KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA BERDASARKAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI
- PENGARUH PENDEKATAN BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP EKOSISTEM PADA SISWA SMP
- PERBANDINGAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN CD TUTORIAL DAN KOMIK PADA PENGUASAAN KONSEP SISTEM SARAF SISWA SMA
- Pengaruh Strategi Fokus, Observasi dan Diskusi Pada Materi Sistem Reproduksi Berbasis Multimedia terhadap Penguasaan Konsep Siswa
- Pengaruh Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Nilai Pada Subkonsep Invertebrata Terhadap Penguasaan Konsep dan Sikap Siswa
- PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH
- ANALISIS KETERAMPILAN PSIKOMOTOR KELOMPOK SISWA SMA KELAS XI MELALUI METODE PRAKTIKUM PADA PEMBELAJARAN SISTEM PENCERNAAN MAKANAN
- Penggunaan Primer Sexing dalam Penentuan Jenis Kelamin pada Burung Familia Columbidae
- “Penggunaan jurnal hasil penelitian untuk memunculkan pertanyaan siswa SMA kelas XI pada konsep sistem reproduksi manusia”
- PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN MOTIVASI SISWA SMP PADA MATERI KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP
- Penentuan Jenis Kelamin pada Burung Familia Columbidae dengan
Penanda DNA Spesifik Betina - Pengaruh Pengaturan Awal (Advance Organizer) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Manusia
- PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA BERDASARKAN URUTAN METODE PEMBELAJARAN PADA KONSEP EKOSISTEM
- PENGARUH PENERAPAN PQ4R TERHADAP PENGUASAAN KONSEP STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN
PADA SISWA SMP - HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBUAT PETA KONSEP DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMA
PADA KONSEP SIKLUS MENSTRUASI - PENGARUH PENGGUNAAN SQ3R DAN WRITING TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP PADA MATERI FOTOSINTESIS
- PENGARUH PENGGUNAAN POWERPOINT NONLINIER PADA PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA KONSEP SISTEM SARAF
- PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BUAH PARE (Momordica charantia L.) TERHADAP BERAT LEMAK VISERAL, OTOT FEMUR DAN HATI MENCIT (Mus musculus) BETINA MIDDLE-AGED GALUR SWISS WEBSTER
- PEMANFAATAN E-BOOK INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN PROSES FISIOLOGI PADA TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII RSBI
- PROFIL KEMAMPUAN BEKERJASAMA SISWA SMA MELALUI BELAJAR KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SUBKONSEP PENCEMARAN AIR
- DINAMIKA KARBON SEQUESTRATION AKIBAT PERUBAHAN FUNGSI LAHAN DI AGROPOLITAN CIWIDEY
- IDENTIFIKASI PARASITOID YANG HIDUP DALAM LALAT BUAH Bactrocera albistrigata PADA BUAH JAMBU AIR:Syzygium aqueum
- PROFIL PERTANYAAN SISWA SMP MELALUI PENERAPAN LEARNING CYCLE PADA KONSEP EKOSISTEM
- ANALISIS TUJUAN, PROSES, DAN PERTANYAAN DESAIN KEGIATAN LABORATORIUM PADA KONSEP SISTEM PERNAPASAN MANUSIA
- PENGUASAAN KONSEP SISTEM REPRODUKSI DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF MENGGUNAKAN KARTU SORTIR
- PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SUBKONSEP KERUSAKAN LINGKUNGAN
- PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERKOMUNIKASI SISWA SMP PADA KONSEP PENCERNAAN MAKANAN
- PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM - PROFIL KECAKAPAN HIDUP GENERIK SISWA SMP BERDASARKAN GENDER DALAM PEMBELAJARAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MANUSIA
- PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP MAKANAN DAN KESEHATAN
- PROFIL KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK
SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS KELAS XII
DALAM PRAKTIKUM STRUKTUR TUMBUHAN - ANALISIS JENIS PERTANYAAN SISWA SMA PADA KONSEP SISTEM INDERA MELALUI PENDEKATAN STUDI KASUS
- PENGARUH STRATEGI PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA
PADA KONSEP EKOSISTEM - PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERTEKSTUAL PADA SUBMATERI POKOK ALKENA SMA KELAS X
- PENGGUNAAN BLOG PEMBELAJARAN SISTEM KOORDINASI MANUSIA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI SISWA SMP
- ANALISIS KOMPETENSI AFEKTIF SISWA SEKOLAH MENENGAH
ATAS DALAM PRAKTIKUM BIOLOGI - PERKEMBANGAN KONSEP SISWA SMP RSBI PADA KONSEP EKOSISTEM YANG DIIDENTIFIKASI DENGAN MODUL INTERAKTIF BERDATABASE
- PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM
- KEANEKARAGAMAN ANATOMI DAUN JERUK (Citrus)
- UJI SENSITIVITAS PARAMETER TABEL KEHIDUPAN Daphnia magna TERHADAP TOKSISITAS PENTAKLOROFENOL MELALUI
UJI HAYATI KRONIS Daphnia magna - POTENSI PENANDA SIMPLE SEQUENCE REPEAT (SSR) DALAM ANALISIS VARIASI GENETIK OSPHRONEMUS GOURAMY LAC. YANG DIINFEKSI AEROMONAS HYDROPHILA
- PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING) PADA SUBKONSEP PENCEMARAN UDARA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
- PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PADA PEMBELAJARAN SISTEM SARAF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA
- PENGARUH PENGGUNAAN JURNAL BELAJAR (LEARNING JOURNAL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM REPRODUKSI MANUSIA
- PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH MANUSIA
- EFEKTIVITAS EKSTRAK KUNYIT DALAM MENEKAN PENYAKIT ANTRAKNOSA PADA BUAH CABAI MERAH (Capsicum annum L.) DI LABORATORIUM
- KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN SEMUT (formicidae) DI LANTAI GUNUNG BURANGRANG JAWA BARAT
- PENGGUNAAN SKENARIO BARU ASESMEN KINERJA DALAM MENILAI LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN
- PENGARUH METODE PENUGASAN MINI-RISET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA KELAS X
DALAM KONSEP EKOLOGI - ANALISIS MISKONSEPSI SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) KELAS X PADA SUBKONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN
- ANALISIS KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA SMA PADA KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH MELALUI PROBLEM BASED LEARNING
- ANALISIS KEMAMPUAN SISWA SMA DALAM MERENCANAKAN PERCOBAAN BERDASARKAN GENDER PADA SUB KONSEP PROTISTA MIRIP HEWAN
- PROFIL PENDIDIKAN NILAI PADA PEMBELAJARAN SPERMATOPHYTA DI SMA “X” BANDUNG
- KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN RETENSI SISWA PADA PEMBELAJARAN SUBKONSEP ALAT INDERA MELALUI PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY DI SMA NEGERI 9 BANDUNG
- UJI AUTODISEMINASI JAMUR ENTOMOPATOGEN Beauveria bassiana TERHADAP Blatella germanica (Blatoidea: Blatellidae)
- PROFIL KEMAMPUAN SISWA DALAM MENARIK KESIMPULAN MELALUI PENDEKATAN GUIDED DISCOVERY PADA SUBKONSEP SISTEM PERNAPASAN HEWAN
- APLIKASI BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN SISTEM SARAF MANUSIA
- PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI PICTORIAL RIDDLE PADA SUBKONSEP PENCEMARAN AIR
- PENGARUH PENGGUNAAN MODEL SIKLUS BELAJAR TERHADAP RETENSI SISWA PADA KONSEP EKOSISTEM
- PROFIL KECAKAPAN HIDUP AKADEMIK SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN INKUIRI PADA SUB KONSEP PENCEMARAN AIR
- ANALISIS PERTANYAAN YANG DIKEMBANGKAN DALAM LEMBAR KERJA SISWA
- PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN PADA KONSEP EKSKRESI
- KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS TEKS BIOLOGI MELALUI MIND MAP DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM SARAF
- PENGARUH EKSTRAK KUNYIT (Curcuma domestica Val.) TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR Fusarium sp. SECARA IN VITRO
- ANALISIS KEMUNCULAN ASPEK-ASPEK INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SMP PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN
- KREATIVITAS BERPIKIR SISWA SMA MELALUI PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA KONSEP PENCEMARAN TANAH
- KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SUBKONSEP INVERTEBRATA MELALUI METODE INTERRUPTED CASE STUDY
- ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PADA SUBKONSEP PENCEMARAN TANAH MELALUI METODE STUDI KASUS
- UJI DAYA HAMBAT Trichoderma spp. TERHADAP PERTUMBUHAN JAMUR Fusarium sp. ISOLAT KALIMANTAN ASAL BAWANG DAUN SECARA IN VITRO
- PROFIL KEMAMPUAN SISWA MEMBUAT RUMUSAN HIPOTESIS DALAM SUB KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN
- PENERAPAN PEER ASSESSMENT PADA KEGIATAN PRAKTIKUM SISTEM RESPIRASI DALAM MENILAI KINERJA SISWA SMA
- PENGGUNAAN LEARNING DEMAND SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA KONSEP REPRODUKSI MANUSIA
- PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP ALAT INDERA PADA SISWA KELAS XI
- KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MELALUI KEGIATAN FIELD TRIP PADA KONSEP EKOSISTEM
- PENGARUH E-BOOK BERMULTIMEDIA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN LINGKUNGAN PEMBELAJARAN SISWA SMP PADA SUBKONSEP CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP
- ANALISIS TUJUAN, PROSES, DAN PERTANYAAN DESAIN KEGIATAN LABORATORIUM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
- PENGARUH SCAFFOLDING MENGGUNAKAN TEKNIK PEER TUTORING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP REPRODUKSI
- PERBANDINGAN TINGKAT PENGUASAAN KONSEP SISWA MENGGUNAKAN ALAT EVALUASI PETA KONSEP DAN PILIHAN GANDA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI
- PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA
- PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM PERNAFASAN MANUSIA DI KELAS VIII
- PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW MELALUI PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
- KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING PADA POKOK BAHASAN POPULASI PENDUDUK DAN LINGKUNGAN
- PERBANDINGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA SECARA TUTORIAL DAN PRESENTASI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KONSEP SISTEM PERTAHANAN TUBUH
0 komentar:
Posting Komentar