bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

Mendidik Generasi Bangsa Melalui Pendidikan

Jumat


Mendidik Generasi Bangsa Melalui Pendidikan


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BKKlik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini

 

Alhamdulillah… melalui tulisan ini diberi penghargaan sebagai salah satu tulisan terbaik dalam Lomba Menulis Guru di SD Al Muslim, Bekasi:
     Undang-Undang Nomor 2 Tahun  1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa “Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang
    Sekolah Dasar merupakan tingkat satuan pendidikan yang dianggap sebagai dasar suatu pendidikan. Tiap anak didik mengalami proses pendidikan dan pembelajaran. Idealnya seorang anak didik yang masuk Sekolah Dasar berusia minimal 7 tahun dan pembelajaran berlangsung selama enam tahun sampai anak didik tersebut berusia 12 tahun.Mengapa harus usia 7 tahun? Menurut pakar psikologi anak, usia 7 tahun diasumsikan seorang anak sudah memiliki tingkat pemahaman dan mengerti kebutuhan pendidikan yang sesuai dengan dirinya, baik itu meliputi dasar pengetahuan, sikap, maupun ketrampilan.
 Bersyukur pemerintah Indonesia sudah mencanangkan program “Wajib Belajar 9 Tahun” yang berarti seorang anak di negri ini memiliki hak untuk mengikuti pendidikan dasar selama enam tahun di Sekolah Dasar atau yang sederajat seperti Madrasah Ibtidaiyah, kemudian ditambah tiga tahun mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Pertama atau yang sederajat seperti Madrasah Tsanawiyah.
     Sekolah Dasar maupun sekolah tingkat lanjutan diadakan oleh dua pihak, pemerintah dan swasta. Sejak diadakan Otonomi Daerah tahun 2001 maka Sekolah Dasar Negeri yang dulu di bawah tanggung jawab Departemen Pendidikan Nasional, kini di bawah tanggung jawab Pendidikan Daerah Kabupaten/ Kota. Departemen Pendidikan Nasional hanya sebagai regulator di bidang standar nasional pendidikan.  Dan  bagi Sekolah Dasar Negeri unit pelaksana teknisnya adalah Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota.  Sedangkan Madrasah Ibtidaiyah di bawah Kementrian Agama.
     Mengenai tujuan pendidikan di Sekolah Dasar adalah memberikan  dasar pengetahuan, sikap, dan ketrampilan bagi anak didik, sebagaimana yang sudah disampaikan di atas tentang kebutuhan pendidikan seorang anak yang sesuai dengan diri anak tersebut yang dimulai dari usia ideal 7 tahun. Diawali dengan bekal dasar pengetahuan yang meliputi kemampuan membaca, menulis, dan berhitung.  Lalu  pengetahuan dan ketrampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa sesuai dengan tingkat perkembangan. Lalu  berikutnya, mempersiapkan siswa untuk mengikuti pendidikan di tingkat menengah pertama.
     Kurikulum yang ada di tingkat pendidikan dasar meliputi Agama, Kewarganegaraan, Jasmani dan Kesehatan,  Teknologi Informatika dan Komunikasi, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Daerah,  Bahasa Asing, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, Sejarah, Ilmu Pengetahuan Sosial, Seni Budaya dan Kebudayaan.Belakangan ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Mohammad Nuh, mencanangkan Kurikulum 2013 yang memiliki beberapa perbedaan dibandingkan Kurikulum sebelumnya. Dalam Kurikulum 2013 untuk tingkat pendidikan dasar meliputi Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Ketrampilan Tangan / Prakarya. Ditiadakannya pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial karena kedua mata pelajaran tersebut diintegrasikan ke dalam semua pelajaran, terutama pelajaran Bahasa Indonesia. Sehingga semua pelajaran dari kelas 1 hingga kelas 6 berbasis tematik-integratif.
   Menurut Mohammad Nuh, semua pelajaran dalam Kurikulum 2013 akan menggunakan pendekatan  “sains” dalam  pembelajaran seperti mengamati, mencoba, bertanya, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan menciptakan.
      Jadi, Kurikulum 2013 yang kini dalam tahapan uji publik menekankan pada pendidikan berbasis kompetensi. Dilandasi oleh perkembangan jaman, kurikulum ini ditujukan bukan hanya kepada para anak didik yang  didorong untuk aktif demi meningkatkan kualitas diri, namun juga kepada para guru yang didorong untuk mengembangkan ketrampilan mengajar.
    Mendidik anak di tingkat Sekolah Dasar dengan menggunakan Kurikulum 2013 yang akan dilaksanakan saat tahun ajaran baru, meskipun menimbulkan banyak kontroversi  hendaklah disikapi dengan bijaksana.  Seorang guru harus menjadi tauladan yang memiliki komitmen diri dan sikap “mau terus belajar.”    Mengasah dan mengembangkan ketrampilan disesuaikan dengan perkembangan jaman seperti menguasai atau paling tidak, bisa menggunakan media internet atau teknologi informatika.Bagaimanapun, seorang guru sebagai pendidik seyogyanya tidak memberikan beban tanggung jawab atas keberhasilan pendidikan  kepada para anak didiknya saja. Guru dalam mendidik anak didiknya sebagai generasi bangsa seyogyanya memiliki kesadaran dan kerelaan untuk  bertanggung jawab atas mental, spiritual, ahlak, dan intelektual para anak didiknya. Pendidikan yang diberikan kepada anak didik bukan hanya pendidikan umum, namun alangkah lebih baiknya menanamkan pendidikan karakter yang bersumber pada ahlak yang bisa diintegrasikan ke tiap mata pelajaran. Ahlak baik tentunya ditunjang dari ilmu agama yang baik, yang bukan hanya diberikan melalui teori, namun juga melalui ketauladanan. Dan hal tersebut ditanamkan mulai kepada anak didik yang berada di Sekolah DasarMembayangkan keberhasilan anak didik di masa depan adalah motivasi sebagai seorang pendidik. Memberikan ilmu dan ketrampilan yang dimiliki dengan kesungguhan dan kasih sayang demi tanggung jawab kita terhadap Sang Pemberi Amanah dan tercapainya tujuan utama pendidikan. Semoga tiap anak didik di negeri ini bisa menjadi generasi bangsa yang diharapkan memajukan Indonesia dengan kecerdasan spiritual maupun intelektual, Insya Allah….

0 komentar:

Poskan Komentar

JASA PEMBUATAN PTBK

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294
JASA PTBK