bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

Program-Program Kerja 2015-2016

Rabu

 Program-Program Kerja 2015-2016


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BKKlik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini



PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
 Kurikulum 2013 yang diberlakukan secara penuh mulai tahun pelajaran 2015/2016 sesuai instruksi dari menteri pendidikan. Implikasi dari pernyataan tersebut adalah bahwa penyusunan dan pelaksanaan Kurikulum 2013 oleh satuan pendidikan harus memperhatikan kebutuhan, karakteristik dan potensi satuan pendidikan (internal) serta lingkungan di daerah setempat. Sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pembelajaran, Kurikulum 2013 memuat komponen-komponen yang berkaitan dengan pembelajaran. Salah satu dari komponen tersebut adalah struktur dan muatan Kurikulum. Muatan Kurikulum 2013 meliputi sejumlah mata pelajaran yang keluasan dan kedalamannya merupakan beban belajar bagi peserta didik, muatan lokal dan kegiatan pengembangan diri pada satuan pendidikan.
 Kurikulum 2013 dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir sebagai berikut:
1. Pola pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada pesertadidik. Peserta didik harus memiliki pilihan-pilihan terhadap materi yang dipelajari untuk memiliki kompetensi yang sama.
2.  Pola pembelajaran satu arah (interaksi guru-siswa) menjadi pembelajaran interaktif (interaktif guru-peserta didik-masyarakat-lingkungan alam, sumber/ media lainnya).
3.   Pola pembelajaran terisolasi menjadi pembelajaran secara jejaring (peserta didik dapat menimba ilmu dari siapa saja dan dari mana saja yang dapat dihubungi serta diperoleh melalui internet)
4. Pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif-mencari (pembelajaran siswa aktif mencari semakin diperkuat dengan model pembelajaran pendekatan sains)
5.   Pola belajar sendiri menjadi belajar kelompok (berbasis tim)
6.   Pola pembelajaran alat tunggal menjadi pembelajaran berbasis alat multimedia
7.   Pola pembelajaran berbasis masal menjadi kebutuhan pelanggan (user) dengan memperkuat pengembangan potensi khusus yang dimiliki setiap peserta didik
8.   Pola pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal (monodiscipline) menjadi pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisciplines).
9.   Pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif dan kritis.

B. Tujuan
 Pedoman ini disusun dengan tujuan untuk memberikan acuan bagi guru TIK atau KKPI dan satuan pendidikan dalam merancang program bimbingan teknologi informasi dan komunikasi bagi peserta didik, sesama guru mata pelajaran dan tenaga kependidikan di sekolah untuk memanfatkan TIK sebagai sumber dan/atau sarana belajar di sekolah.

C. Jenis Kegiatan BIMBINGAN TIK
a. Bimbingan Klasikal
b. Bimbingan Kelompok
c. Bimbingan Individu

D. Sasaran Bimbingan
a. Membimbing peserta didik minimal ( 150 siswa )
b. Memfasilitasi sesama guru ( 41 guru )
c. Memfasilitasi tenaga kependidikan ( 10 orang )
  
E. Hasil yang diharapkan
1.  Peserta Didik
Dengan bimbingan TIK diharapkan siswa/peserta didik mampu memanfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai sarana belajar dalam rangka meningkatkan prestasi belajar.
2. Pendidik dan Tenaga Pendidikan
Dengan bimbingan TIK diharapkan pendidik/guru dan tenaga pendidikan mampu memanfaatkan serta mengoperasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai sarana pembelajaran dan administrasi sekolah dalam rangka meningkatkan prestasi Kinerja Pegawai.


KEGIATAN BIMBINGAN TIK

Program guru TIK atau KKPI merupakan kegiatan bimbingan dan fasilitasi yang akan dilaksanakan secara terjadwal bagi peserta didik, sesama guru dam tenaga kependidikan di sekolah.
Program pembimbingan dan fasilitasi TIK atau KKPI untuk setiap periode disusun dengan memperhatikan unsur-unsur :
a.       Kebutuhan peserta didik, sesama guru dan tenaga kependidikan di sekolah yang diketahui melalui pengungkapan individu dalam kepeminatan peningkatan kemampuan TIK atau KKPI dan/atau berdasarkan uji kemampuan TIK atau KKPI.
b.      Jumlah peserta didik yang wajib dibimbing oleh guru pembimbing sebanyak minimal 150 orang.
c.       Bidang-bidang bimbingan meliputi hal-hal terkait dengan peningkatan kompetensi TIK atau KKPI.
d.      Jenis-jenis bimbingan       : Bimbingan klasikal, kelompok, dan individu.
e.       Kegiatan pendukung         : Video Pembelajaran TIK atau KKPI.
f.       Frekuensi bimbingan         : Setiap peserta didik mendapatkan berbagai bimbingan minimal lima kali dalam setiap semester, baik bimbingan dalam format perorangan, kelompok maupun klasikal.
g.      Lama kegiatan                  : Setiap kegiatan (kegiatan bimbingan dan pendukung) berlangsung sekitar 1 sampai 2 jam.
h.      Waktu kegiatan         : Kegiatan bimbingan dan pendukung dilaksanakan pada jam pelajaran sekolah dan/atau diluar jam pelajaran sekolah.
i.        Kegiatan khusus     : Pada semester pertama setiap tahun ajaran baru diselenggarakan bimbingan orientasi kelas/sekolah bagi peserta didik baru terkait dengan kemampuan TIK.

Pelaksanaan program satuan kegiatan yaitu kegiatan bimbingan dan kegiatan pendukung merupakan ujung tombak kegiatan bimbingan dan fasilitasi TIK atau KKPI secara keseluruhan. Tahap-tahap yang perlu di tempuh adalah :
a.         Tahap Perencanaan,
     Program satuan bimbingan dan kegiatan pendukung direncanakan secara tertulis dengan memuat sasaran, tujuan, materi, metode, waktu, tempat dan rencana penilaian.
b.        Tahap Pelaksanaan,
       Program tertulis satuan kegiatan (bimbingan atau pendukung) dilaksanakan sesuai dengan perencanaannya.
c.         Tahap Penilaian,
       Hasil kegiatan diukur dengan nilai.
d.        Tahap Analisis Hasil
,      Hasil penilaian dianalisis untuk mengetahui aspek-aspek yang perlu mendapat perhatian lebih lanjut.
e.         Tahap Tindak Lanjut,
      Hasil kegiatan ditindaklanjuti berdasarkan hasil analisis yang dilakukan sebelumnya, melalui bimbingan dan atau kegiatan pendukung yang relevan.

URAIAN TUGAS GURU BIMBINGAN TIK

NO.
URAIAN TUGAS
HASIL
1.
Menyusun rancangan pelaksanaan bimbingan teknologi informasi dan bimbingan TIK
Rencana Pelaksanaan bimbingan TIK
2.
Melaksanakan bimbingan teknologi informasi dan bimbingan TIK per semester untuk :
a. peserta didik
b. guru
c. tenaga kependidikan
Laporan bimbingan TIK untuk
a. peserta didik
b. guru dan tenaga kependidikan
3.
Menyusun alat ukur/lembar kerja program bimbingan teknologi informasi dan bimbingan TIK
Instrumen evaluasi bimbingan TIK
4.
Mengevaluasi proses dan hasil bimbingan teknologi informasi dan bimbingan TIK
Data hasil evaluasi bimbingan TIK
5.
Menganalisis hasil bimbingan teknologi informasi dan bimbingan TIK
Data hasil analisis
6.
Melaksanakan tindak lanjut hasil evaluasi dengan memperbaiki bimbingan teknologi informasi dan bimbingan TIK
Program tindak lanjut

7.
Menjadi pengawas penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat sekolah dan nasional
Surat Keputusan
8.
Mengembangkan sistem informasi manajemen sekolah berbasis teknologi informasi
Program pengembangan
9.
Membimbing peserta didik dalam kegiatan ekstrakurikuler
Laporan kegiatan bimbingan ekstrakurikuler.
10.
Melaksanakan pengembangan diri

Sertifikat dan Laporan kegiatan pengembangan diri


PENUTUP

A. Kesimpulan

Peran guru TIK dan guru KKPI dalam pelaksanaan kurikulum 2013 sangat penting. Pemenuhan tugas guru TIK dan Guru KKPI sebagai beban kerja yang dapat diekuivalenkan dengan kewajiban mengajar paling sedikit 24 jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu merupakan persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang guruTIK dan KKPI sesuai ketentuan. Keberhasilan pemenuhan beban kerja guru TIK dan KKPI sesuai dengan ketentuan sangat bergantung pada pemahaman, kesadaran, keterlibatan dan upaya sungguh-sungguh dari segenap unsur yang terkait
B. Saran

Agar semua komponen sekolah dapat bekerja sama dengan baik agar program kerja ini bisa berjalan secara efektif. Segala saran dan kritik diperlukan guna perbaikan untuk masa yang akan datang.


0 komentar:

Poskan Komentar

JASA PEMBUATAN PTBK

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294
JASA PTBK