bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

Contoh PTK Penelitian Tindakan Kelas Matematika Kelas VII

Sabtu

Contoh PTK Penelitian Tindakan Kelas Matematika Kelas VII





Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini

Atau Cek FB Kami KLIK DISINI


Contoh PTK Penelitian Tindakan Kelas Matematika Kelas VII/7  SMP / MTs– ContohPTK.com,- Materi sistem persamaan linier satu variabel merupakan materi ajar  yang diperkenalkan di kelas VII pada tingkat satuan pendidikan menengah pertama (SMP/MTs.). Pembelajaran materi tersebut menuntut adanya kreatifitas pendidik dalam penyampaiannya. Hal ini dikarenakan materi SPLSV bukan hanya berhubungan dengan angka-angka saja, melainkan juga berhubungan dengan variabel-variabel, sehingga materi ini tergolong materi yang sangat abstrak. Sehingga dibutuhkan pemahaman konsep yang memadai untuk dapat menjelaskan keabstrakannya. Penyelesaian masalah yang dibutuhkan pada materi ini juga menuntut ketrampilan khusus peserta didik.
Judul untuk Contoh Laporan PTK Penelitian Tindakan Kelas Matematika Kelas VII/7  SMP / MTs adalah  PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DENGAN KARTUVARIABEL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINIERSATU VARIABEL PADA PESERTA DIDIK SEMESTER I KELAS VII atau UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISTEM PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL  DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN DENGANKARTU VARIABEL PADA PESERTA DIDIK SEMESTER I KELAS VII

CONTOH PTK MATEMATIKA KELAS 7

Contoh PTK Matematika Kelas VII/7  SMP / MTs

Ketrampilan penyelesaian masalah tersebut biasa dikenal sebagai pemahaman prosedural yang harus dikuasai peserta didik. Pemahman prosedural berfungsi dalam hal manipulasi yang menjadi proses wajib dalam materi SPLSV. Dan pemaham prosedural ini tidak akan berdaya tanpa didukung adanya pemahaman konsep yang harus dikuasai terlebih dahulu.8 Dengan kata lain, karakteristik dari pembelajaran materi SPLSV membutuhkan ketercapaian pemahaman konsep dan pemahaman prosedural yang memadai. Idielnya memang, pembelajaran materi SPLSV diajarkan dengan menyampaikan kedua ranah pemahaman di atas (konseptual dan prosedural)
Dengan    demikian,     ketrampilan    manipulasi    dalam    proses     prosedur penyelesaian SPLSV akan sangat tertolong dengan adanya pemahaman konseptual. Untuk mencapai kedua pemahman tersebut, dirasa akan lebih mudah tercapai dengan proses pembelajaran aktif. Aktif di sini diartikan dengan proses pembelajaran yang berusaha memberdayakan peserta didik.
Peserta didik diberikan keluasan untuk mengkonstruksikan pengetahuan mereka dengna cara menjalani proses pencarian sendiri. Selama ini, antusias peserta didik dalam mengikuti pelajaran matematika di sekolah tergolong masih jauh dari harapan. Bagi peserta didik, konsep matematika menjadi sulit dipahami dan dicerna oleh kebanyakan mereka. Hal ini berdampak pada rendahnya minat peserta didik untuk belajar matematika. Masalah ini merupakan salah satu masalah klasik yang kerap dijumpai para pendidik. Ditambah pula kebiasaan pendidik yang lebih sibuk memfokuskan peserta didik dengan rumus-rumus yang tidak mudah dipahami karena diberikan dalam bentuk jadi. Jika kita umpamakan rumus-rumus itu dengan alat, maka sebenarnya peserta didik bekerja dengan alat yang tidak mereka pahami fungsi dan tujuannya. Mengalir seperti contoh yang diberikan.
Ini mengakibatkan ketika peserta didik diberikan masalah yang lebih kompleks yang sedikit berbeda saja dengan contoh yang diberikan, maka peserta didik akan merasakan kesulitan, bahkan bisa jadi tidak dapat menyelesaikannya.
DI Contoh PTK Penelitian Tindakan Kelas Matematika Kelas VII/7  SMP / MTs Realita yang berkembang sejauh ini, pendidikan kita masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada pendidik sebagai nara sumber utama pengetahuan, yang kemudian menjadikan metode ekspositori menjadi pilihan utama metode pembelajaran. Pandangan    tersebut harus diubah, untuk itu diperlukan metode pembelajaran yang lebih memberdayakan peserta didik yaitu metode pembelajaran yang mengharuskan peserta didik tidak menghafal fakta-fakta, tetapi sebuah metode pembelajaran yang mendorong peserta didik mengkonstrusikan pengetahuan di benak mereka sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

JASA PEMBUATAN PTBK

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294
JASA PTBK