bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

Laporan PTK: Penggunaan Kartu Tagihan

Senin

Penggunaan Kartu Tagihan Hafalan Qunut sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas 2 MI Geluran Taman Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009/2010

Oleh:
Ofik Muhammad Taufik  (MI Tahruddin, Lamongan)

Sumber: 
Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam Volume 01, Nomor 01, Juni 2010 Halaman 122 - 132. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam (JPTK-PAI) diterbitkan oleh Laboratorium Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya bekerjasama dengan Madrasah Development Center (MDC) Kementerian Agama Wilayah Jawa Timur, dan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam (AGPAI) Jawa Timur berdasarkan SK Dekan nomor: In.02/1/HK.00.5/SK/315/XII/2009 (ISSN: 2086-7239). Jurnal ini terbit dua kali setahun, dan berisi tulisan ilmiah tentang tindakan pembelajaran pendidikan agama Islam di ruang pembelajaran, baik di lingkungan madrasah, pesantren, pendidikan umum, maupun perguruan tinggi.

Catatan: Makalah ini dipublikasikan di blog ini dengan tujuan untuk meningkatkan kemudahan para pendidik untuk memperolehnya dengan lebih banyak terindeks pada search engine. Makalah ini sepenuhnya bukan milik saya. Bila Anda pemilik makalah ini dan merasa bahwa tidak semestinya makalah ini diterbitkan di http://penelitiantindakankelas.blogspot.com , silakan menghubungi saya di sini, maka dengan senang hati saya akan menghapus konten ini. Terimakasih (admin).

Abstrak:
Keberhasilan proses pembelajaran di kelas sebagian ditentukan oleh media pembelajaran. Kesiapan guru dalam mempersiapkan proses pembelajaran akan menentukan kualitas dari hasil belajar itu sendiri. Penelitian Tindakan kelas ini berangkat dari permasalahan bahwa banyak siswa-siswi kelas 2 MI Geluran Taman Sidoarjo belum hafal doa Qunut. Oleh karena itu peneliti merumuskan masalah bagaimana upaya penggunaan kartu tagihan hafalan Qunut sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa Kelas 2 MI Geluran Taman. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan kartu tagihan hafalan Qunut sebagai upaya meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa Kelas 2 MI Geluran. Desain penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Metode pengumpulan data menggunakan observasi, analisis masalahnya menggunakan prosentasi, menggunakan 2 siklus, hasil dari siklus pertama adalah 68% sedangkan siklus yang kedua adalah 87,5%. Oleh karena itu terjadi peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqh dengan menggunakan media kartu tagihan hafalan Qunut ini.
Kata kunci: Kartu Tagihan, Hasil Balajar, Qunut, Fiqh

PENDAHULUAN
Pendidikan ditinjau dari tujuan dan hakekatnya secara umum dapat dimaknai sebagai suatu upaya untuk mengantarkan seorang manusia menuju kedewasaan yaitu dengan cara mengembangkan secara optimal segala potensi yang ada pada dirinya, sehingga pada akhirnya ia mendapat kepuasaan diri, bisa menyesuaikan diri dengan baik terhadap kondisi masyarakat dan lingkungannya. Pendidikan itu berlangsung seumur hidup dan dilaksanakan dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Proses pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah ialah melalui jalur institusi atau sekolah dan tujuan pendidikan secara nasional bermaksud dalam suatu peraturan pemerintah yaitu Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 Bab II pasal 3 yang berbunyi:

‘’Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan bentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahklak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab’’.

Sekolah adalah salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai peranan yang sangat penting. Peranan tersebut adalah upaya menumbuhkan dan mengem-bangkan potensi anak didik ke arah lebih optimal dan aktual melalui proses belajar mengajar. Pada proses belajar setiap guru seyogyanya mengerakkan segenap kemampuan yang ia miliki dan meningkatkan terus pengetahuannya supaya dapat melaksanakan pengajaran dengan baik, sehingga diharapkan siswa memiliki sejumlah pengetahuan, keterampilan, sikap dan prestasi yang memadai.Keberhasilan mengajar menurut Purwanto dipengaruhi oleh faktor...............
Baca makalah ini sebagaimana aslinya di sini.

0 komentar:

Poskan Komentar

JASA BP BK

KAMI MEMBUKA JASA ADMINISTRASI BP BK HUBUNGI KAMI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts