bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

Makalah Bimbingan Konseling dan Penyuluhan

Rabu

Makalah Bimbingan Konseling dan Penyuluhan

Bimbingan Karir Sebagai Upaya Membantu Siswa SMP Memilih Sekolah Lanjutan

KAMI MEMBUKA JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294 harga klik DISINI

BAB I
PENDAHULUAN

Peserta didik tingkat menengah atau SMP sring kali mengalami kebingungan ketika mereka telah melaksanakan ujian Nasional. Kebingugan tersebut adalah tentang melanjutkan sekolah atau tidak, jika melanjutkan maka pantasnya kesekolah kejuruan atau sekolah menengah umum ,atau mengikuti kursus dan bimbingan belajar. Nah disaat - saat inilah mereka sangat membutuhkan bimbingan. Idealnya bimbingan tidak dilakukan oleh guru di sekolah saja, namun harus dilakukan oleh orang tua juga di rumah. Tapi kenyataan yang sering terjadi di sekolah-sekolah daerah  adalah orang tua malah menanyakan kebingungan anak pada sekolah. Dalam pelayanan bimbingan dan konseling ada empat bidang pelayanan yang harus diberikan kepada siswa yaitu bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar dan bimbingan karir. Bimbingan karir pada hakekatnya merupakan salah satu upaya pendidikan melalui pendekatan pribadi dalam membantu individu untuk mencapai kompetisi yang diperlukan dalam menghadapi masalah-masalah karir.

Oleh karena itu, disinilah guru BK/BP disekolah berperan, jadi tugas yang dilakukan guru BK/BP di sekolah tingkat menengah atau SMP dalam bimbingan karir adalah membimbing atau menuntun siswa memilih sekolah lanjutan atau aktifitas yang bisa dilakukan setelah peserta didik lulus SMP.

Bimbingan karir disini sangat berguna sekali karena peserta didik merasa dibantu memilih sekolah lanjutan atau aktifitas yang akan dilakukan setelah mereka lulus SMP.  Mereka akan dibimbing sesuai dengan kemampuan dan keinginan diri masing-masing siswa.


BAB II
KAJIAN TEORI

1. PENGERTIAN BIMBINGAN KARIR

BIMBINGAN KARIR  adalah jenis layanan bimbingan konseling yang bertujuan untuk membantu siswa mengentaskan atau memberi solusi atas karirnnya. Karir disini yang dimaksudkan adalah tidak hanya lingkup pekerjaan tetapi bisa saja sekolah lanjutan atau aktifitas yang menunjang karir siswa. 

Namun Donald D. Super (1975) mengartikan bimbingan karir sebagai suatu proses membantu pribadi untuk mengembangkan penerimaan kesatuan dan gambaran diri serta peranannya dalam dunia kerja. Menurut batasan ini, ada dua hal penting, pertama proses membantu individu untuk memahami dan menerima diri sendiri, dan kedua memahami dan menyesuaikan diri dalam dunia kerja.Tidak hanya sekedar memberikan respon kepada masalah-masalah yang muncul, akan tetapi juga membantu memperoleh pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperlukan dalam pekerjaan. Penggunaan istilah karier didalamnya terkandung makna pekerjaan dan jabatan sekaligus rangkaian kegiatan dalam mencapai tujuan hidup seseorang. Hattari (1983) menyebutkan bahwa istilah bimbingan karier mengandung konsep yang lebih luas. Bimbingan jabatan menekankan pada keputusan yang menentukan pekerjaan tertentu sedangkan bimbingan karier menitikberatkan pada perencanaan kehidupan seseorang dengan mempertimbangkan keadaan dirinya dengan lingkungannya agar ia memperoleh pandangan yang lebih luas tentang pengaruh dari segala peranan positif yang layak dilaksanakannya dalam masyarakat.

2. TUJUAN LAYANAN BIMBINGAN KARIR



Tujuan layanan bimbingan Karir adalah agar siswa dapat :
  1. Merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir serta kehidupan-nya di masa yang akan datang.
  2. Mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimiliki peserta didik secara optimal.
  3. Menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, dan  lingkungan kerjanya.
  4. Mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan study dan lingkungan kerja.
Oleh karenanya Guru pembimbing yang disini adalah guru BK harus membimbing siswa agar siswa dapat :
  1. Mengenal dan memahami potensi, kekuatan, dan tugas-tugas perkembangannya.
  2. Mengenal dan memahami potensi atau peluang yang ada di lingkungannya,
  3. Mengenal dan menentukan tujuan dan rencana hidupnya serta rencana pencapaian tujuan tersebut
  4. Memahami dan mengatasi kesulitan-kesulitan sendiri.
  5. Menggunakan kemampuannya untuk kepentingan dirinya, kepentingan lembaga tempat bekerja dan masyarakat.
  6. Menyesuaikan diri dengan keadaan dan tuntutan dari lingkungannya.
  7. Mengembangkan segala potensi dan kekuatan yang dimilikinya secara optimal. 

3. MEMBERIKAN INFORMASI KARIR

Di dalam arus globalisasi yang memiliki diferensiasi sosial yang semakin kompleks, khususnya siswa SMP akan dihadapkan pada berbagai macam kemungkinan pilihan hidup yang penting, seperti pilihan untuk melanjutkan studi, pilihan tentang dunia kerja, pilihan tentang pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat, dan semua ini menuntut kemandirian dalam menjatuhkan pilihannya. Bagi siswa yang tidak dapat memahami potensi yang dimliki, di duga mereka juga tidak akan dapat menentukan berbagai macam pilihan karir, akhirnya akan mengalami masalah. Masalah ini jika tidak diselesaikan maka siswa akan mengalami kebingungan dan ditakutkan salah langkah, disinilah peran guru BK untuk memberikan layanan bimbingan karir.

Permasalahan karir merupakan permasalahan masa depan siswa. Kegiatan masa sekarang akan mewarnai masa depan seseorang. Agar siswa SMP dapat menyiapkan masa depannya dengan baik, siswa harus dibekali dengan sejumlah informasi karir yang akan dipilihnya. Informasi yang cukup dan tepat tentang seseorang individu, merupakan aset bagi individu yang bersangkutan untuk memahami faktor-faktor yang ada pada dirinya, faktor kekuatan maupun faktor kelemahan-kelemahannya. Menurut John Hayes dan Barrie Hopson (1981:37) informasi karir adalah informasi yang mendukung perkembangan bidang pekerjaan, dan berdasarkan informasi itu memungkinkan seseorang mengadakan pengujian akan kesesuaian dengan konsep dirinya. Lebih lanjut dikatakan informasi karir tidak hanya sekedar merupakan objek faktual, tetapi sebagai kemampuan proses psikologis untuk mentransformasikan informasi itu dikaitkan dengan pilihan dan tujuan hidup masa depan.

Informasi yang bisa diberikan kepada siswa SMP tentang karirnya adalah 
1. tentang macam-macam sekolah yang ada diseluruh kabupaten atau minimal kecamatan.
2. Kelebihan dan kekurangan sekolah bisa dibaca di selebaran masing-masing sekolah lanjutan
3. Jika memilih sekolah kejuruan maka lihatlah jurusan apa yang sesuai dengan bakat dan minat siswa.
4. Aktifitas lain yang bisa dilakukan jila tidak melanjutkan sekolah adalah lembaga pendidikan kursus.


BAB III
PENUTUP

Berdasarkan uraian diatas maka dapat dikatakan bahwa bimibingan karir merupakan suatu proses bantuan yang diberikan pada individu melalui berbagai cara dan bentuk layanan agar ia mampu merencanakan karirnya dengan mantap sesuai dengan bakat, minat dan kemampuan, pengetahuan dan kepribadian serta faktor-faktor yang mendukung kemajuan dirinya. Faktor-faktor yang mendukung perkembangan diri tersebut misalnya informasi karir yang diperoleh siswa dan status sosial ekonomi orang tua. Tujuan bimbingan karir adalah membantu siswa dengan cara yang sistematis dan terlibat dalam perkembangan karir. Guru pembimbing hendaknya dapat membantu siswa merencanakan karirnya sesuai dengan kemampuan, bakat dan minat yang dimilikinya.

Makalah bimbingan konseling dan penyuluhan dengan judul Bimbingan Karir Sebagai Upaya Membantu Siswa SMP Memilih Sekolah Lanjutan di buat agar seluruh guru BK/BP diindonesia memang benar-benar melaksanakan layanan bimbingan karir disekolahnya. Karena layanan ini sangat penting diberikan bagi siswa. Layan bimbingan karir ini sangat membantu siswa dalam mimilih sekolah lanjutan bagi siswa SMP. atau memilih dunia kerja bagi sekolah lanjutan.

KAMI MEMBUKA JASA ADMINISTRASI BP BK MURAH HUBUNGI KAMI DI 081222940294 harga klik DISINI

Makalah Bimbingan Konseling dan Penyuluhan





0 komentar:

Poskan Komentar

JASA BP BK

KAMI MEMBUKA JASA ADMINISTRASI BP BK HUBUNGI KAMI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts