bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

Pengantar Peran BK Mengatasi Masalah Pelajar SMP

Kamis

Pengantar Peran BK  Mengatasi Masalah Pelajar SMP


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BKKlik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini


 Sesuai dengan tujuan adanya Bp/BK disekolah menengah dan sekolah lanjutan adalah seperti tertera dalam visi misi BP/BK. yaitu Visi BK/BP: Terwujudnya catur sukses yaitu : sukses pribadi, sukses sosial, sukses akademis dan sukses karir. Sedangkan Misi BP/BKadalah : Mewujudkan keberhasilan pribadi, meliputi : memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME, memahami diri  (self understanding), memiliki sikap positif, memiliki sikap mandiri secara emosional, sosial dan ekonomis.
Mewujudkan keberhasilan sosial, meliputi : memiliki rasa empati, kooperatif, toleransi, demokratis, berkomunikasi, memiliki hubungan sosial yang positif.
Mewujudkan keberhasilan akademik, meliputi : memiliki kemampuan dan ketrampilan belajar, memiliki kemauan dan dorongan belajar yang tinggi, mampu berpikir logis, mampu memecahkan masalah (problem solving), mampu mengambil keputusan (decision making), kreatif, dan memiliki prestasi belajar yang baik / tinggi. Mewujudkan keberhasilan karir, meliputi : memiliki bersikap positif terhadap suatu ketrampilan dalam mempersiapkan karir, memiliki perencanaan dan pengembangan karir. Oleh karenanya BK sangat berperan penting dalam mengatasi masalah siswa (peserta didik).

Berkaitan dengan masalah pelajar SMP, kita tak lepas dari masalah gunjingan tentang masa remaja. Yah..pelajr SMP adalah sedang memasuki tahap perpindahan dari masa anak-anak ke masa remaja. Oleh karenanya karena kondisi psikisnya sedang mengalami m asa labil maka kenakalan jenis apapun sering kali dialami oleh remaja, dari masalah geng motor, masalah merokok, masalah narkotika, masalah seks yang seharusnya belum dilakukan oleh mereka.

Idealnya remaja harusnya memiliki katangguhan fisik dan psikologis. Namun tidak semua remaja bisa di andalkanseperti itu yakni sebagai generasi penerus orangtua karena tidak sedikit kasus-kasus kenakalan di alami oleh remaja, terutama mereka yang berada di tahap remaja awal. Tidak sedikit juga prestasi-prestasi diraih oleh remaja. Itulah keunikan remaja,ada yang berprestasi ada juga yang perlu dididik karena kenakalanya.  Kemudian seharusnya siapa yang bertugas dan bertanggungjawab mendidik remaja secara moral, secara akademik, dan secara spiritual?Salah satu pihak yang bertanggungjawab adalah guru atau tenaga pendidik. Nah guru atau pendidik yang khusus menangani kasus kenakalan remaja yang dalam hal ini siswa SMP adalah guru BP/BK. Karena tanggungjawab itulah seharusnya tenaga pendidik memahami betul perkembangan remaja baik secara fisik maupun psikisnya. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa pembentukan kematangan fisik dan psikologi remaja di tentukan oleh banyak aspek, diantaranya keluarga, lingkungan tempat tinggal, teman pergaulan dan sekolah. Nah sekolah inilah yang seharusnya benar-benar menjadi tempat pendidikan ideal bagi remaja. Dilembaga pendidikan tanggungjawab khusus menangani kenakalan pelajar SMP adalah guru BK/BP.
Pengantar Peran BK Mengatasi Masalah Pelajar SMP

0 komentar:

Posting Komentar

JASA PEMBUATAN PTBK

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294
JASA PTBK