Karakter Guru Efektif
JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH, SKRIPSI BP/BK DAN PTK BP/BK.
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
Untuk Detail Harga Administrasi dan
perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul dan Detail Harga PTK BK Klik Disini
Setiap guru pasti mempunyai pendapatnya masing-masing tentang apa itu “mengajar”, “belajar”, dan “pebelajar”. Beberapa guru meyakini bahwa tanggung jawab mereka adalah mengajar materi ajar (konten), dan tanggung jawab siswa adalah mempelajari apa yang sedang diajarkan oleh guru. Jika siswa berjuang atau gagal dalam belajar, tanggung jawab itu berakhir pada diri siswa itu sendiri. Benarkah begini?
Seharusnya, prinsip penting yang dipegang oleh seorang guru adalah: pembelajaran yang efektif. Pembelajaran yang efektif hanya dapat dilakukan oleh seorang guru yang efektif. Lalu bagaimanakah guru yang efektif itu? Guru yang efektif mempunyai keyakinan dan bertindak sebagai berikut:
JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH, SKRIPSI BP/BK DAN PTK BP/BK.
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
Untuk Detail Harga Administrasi dan
perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul dan Detail Harga PTK BK Klik Disini
Setiap guru pasti mempunyai pendapatnya masing-masing tentang apa itu “mengajar”, “belajar”, dan “pebelajar”. Beberapa guru meyakini bahwa tanggung jawab mereka adalah mengajar materi ajar (konten), dan tanggung jawab siswa adalah mempelajari apa yang sedang diajarkan oleh guru. Jika siswa berjuang atau gagal dalam belajar, tanggung jawab itu berakhir pada diri siswa itu sendiri. Benarkah begini?
Seharusnya, prinsip penting yang dipegang oleh seorang guru adalah: pembelajaran yang efektif. Pembelajaran yang efektif hanya dapat dilakukan oleh seorang guru yang efektif. Lalu bagaimanakah guru yang efektif itu? Guru yang efektif mempunyai keyakinan dan bertindak sebagai berikut:
- Menghargai dan menerima keunikan persepsi dari masing-masing pebelajar.
- Merefleksikan dan mempertimbangkan pengetahuan awal dan minat siswa saat memilih dan menggunakan teknik dan strategi mengajar tertentu.
- Meyakini bahwa semua siswanya dapat dan akan belajar.
- Menciptakan suatu lingkungan belajar yang menantang, tapi tidak membahayakan/menakutkan.
- Berkomitmen pada belajar dan perkembangan intelektual semua siswanya.
- Memandang setiap orang sebagai orang yang mampu, dapat diandalkan, dan secara umum positif.
- Meyakini bahwa seseorang dapat mengajar secara efektif dan pengajaran yang efektif akan membawa dampak pada hasil belajar yang positif.
0 komentar:
Posting Komentar