PEMETAAN SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN
KONSELING KELAS IX SEMESTER 1
Jenjang Sekolah: SMP Sub Tugas Perkembangan : Mencapai perkembangan diri sebagai
remaja yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
Bid.
Bimbingan
|
Rumusan
Kompetensi
|
Materi
Pengembangan Kompetensi
|
Kelas
|
Keg.
Layanan
|
Keg.Pendukung
|
Penilaian
|
KET
|
Bim. Pribadi
|
Menjalankan kaidah-kaidah ajaran agama yang
dianutnya
|
Praktik menjalankan ajaran agama
|
IX
|
6 dan 4
|
Hpdt dan
Apin
|
Japen, Japan
|
Kerjasama dengan guru agama
|
Bim. Sosial
|
Menjalankan hubungan sosial berdasarkan kaidah-kaidah
ajaran agama yang dianut
|
Praktik hubungan sosial berdasarkan ajaran agama
|
IX
|
4 dan 6
|
Hpdt
|
Segera, Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru agama
|
Bim. Belajar
|
Mewujudkan kegiatan belajar sesuai dengan
kaidah-kaidah ajaran agama
|
Praktek kegiatan belajar menurut ajaran agama
|
IX
|
4, 6 dan 7
|
Hpdt
|
Segera, Japan dan japan
|
|
Bim. Karir
|
Menjalankan kaidah-kaidah agama dalam pengarahan
diri untuk pengembangan karir
|
Praktik kegiatan bekerja yang mengarah pada
pengembangan karir menurut ajaran agama
|
IX
|
4, 6, dan 7
|
Hpdt
|
Segera, Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru agama
|
KETERANGAN :
JENIS LAYANAN KONSELING
|
JENIS KEGIATAN PENDUKUNG
|
TAHAP PENILAIAN
|
·
Orientasi
|
·
Aplikasi
instrumentasi
|
1. Layanan penilaian segera (LAYSEG)
|
·
Informasi
|
2.
Himpunan data
|
2. Layanan penilaian jangka pendek (JAPEN)
|
·
Penempatan
penyaluran
|
3. Konfrensi kasus
|
3. Layanan penilaian jangka panjang (JAPAN)
|
·
Penguasaan
konten
|
4. Tampilan kepustakaan
|
|
·
Konseling
perorangan
|
5. Alih tangan kasus
|
|
·
Konseling
kelompok
|
||
·
Konsultasi
|
||
·
Mediasi
|
PEMETAAN
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING KELAS IX SEMESTER 1
SMP
NEGERI 1 PAMARICAN 2010 – 2011
Jenjang Sekolah :
SMP Sub Tugas
Perkembangan : Mempersiapkan diri,
menerima dan bersikap positif serta dinamis terhadap
perubahan fisik dan
psikis yang terjadi pada diri sendiri
Bid.
Bimbingan
|
Rumusan
Kompetensi
|
Materi
Pengembangan Kompetensi
|
Kelas
|
Keg.
Layanan
|
Keg.Pendukung
|
Penilaian
|
KET
|
Bim. Pribadi
|
Menjalankan pola hidup sehat
|
Cara-cara mengupayakan pengembangan hidup sehat
|
IX
|
1, 6 dan 4
|
Hpdt dan
Apin
|
Segera, Japen, Japan
|
Kerjasama dengan guru penjaskes
|
Bim. Sosial
|
Memahami dan bersikap empati kepada oranglain
yang sedang mengalami perubahan fisik dan psikis
|
Praktik bersikap empati terhadap orang yang
sedang mengalami perubahan fisik dan psikis
|
IX
|
1 dan 4
|
Hpdt
|
Segera, Japan dan japan
|
Kerjasama dengan PKS dan seluruh guru bid.study
|
Bim. Belajar
|
Mampu mengatasi kesulitan-kesulitan yang terjadi
akibat perubahan fisik dan psikis dalam kegiatan belajar
|
Praktek cara-cara mengatasi kesulitan yang
terjadi akibat perubahan fisik dan psikis dalam kegiatan belajar
|
IX
|
4, 1 dan 7
|
Hpdt
|
Segera, Japan dan japan
|
Kerjasama dengan seluruh guru bid.study
|
Bim. Karir
|
Mampu mengembangkan kondisi fisik dan psikis
yang sehat untuk pengembangan karir
|
Cara-cara mengembangkan kondisi fisik dan psikis
yang sehat untuk mengembangkan karir
|
IX
|
4 dan 6
|
Hpdt
|
Segera, Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru penjaskes
|
KETERANGAN :
JENIS LAYANAN KONSELING
|
JENIS KEGIATAN PENDUKUNG
|
TAHAP PENILAIAN
|
1. Orientasi
|
·
Aplikasi
instrumentasi
|
1. Layanan penilaian segera (LAYSEG)
|
2. Informasi
|
2.
Himpunan data
|
2. Layanan penilaian jangka pendek (JAPEN)
|
·
Penempatan
penyaluran
|
3. Konfrensi kasus
|
3. Layanan penilaian jangka panjang (JAPAN)
|
·
Penguasaan
konten
|
4. Tampilan kepustakaan
|
|
·
Konseling
perorangan
|
5. Alih tangan kasus
|
|
·
Konseling
kelompok
|
6. Kunjungan rumah
|
|
·
Konsultasi
|
||
·
Mediasi
|
PEMETAAN
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING KELAS IX SEMESTER 1
SMP
NEGERI 1 PAMARICAN 2010 – 2011
Jenjang Sekolah :
SMP Sub Tugas
Perkembangan : Mencapai pola hubungan
yang baik dengan teman sebaya dalam perannya sebagai
pria dan wanita
Bid.
Bimbingan
|
Rumusan
Kompetensi
|
Materi
Pengembangan Kompetensi
|
Kelas
|
Keg.
Layanan
|
Keg.Pendukung
|
Penilaian
|
KET
|
Bim. Pribadi
|
Menjalankan peran pribadi dalam kelompok sebaya
sebagai pria atau wanita
|
Praktek menjalankan peran pribadi dalam kelompok
sebaya tanpa membedakan peran pria atau wanita pada posisi tertentu
|
IX
|
6 dan 4
|
Hpdt dan
Apin
|
Segera, Japen, Japan
|
Kerjasama dengan guru PKn dan guru agama
|
Bim. Sosial
|
Memahami pola hubungan sosial dengan teman
sebaya dalam perannya sebagai pria atau wanita
|
Contoh-contoh pola hubungan sosial dengan teman
sebaya dalam perannya sebagai pria atau wanita
|
IX
|
1, 6 dan 4
|
Hpdt dan
Apin
|
Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru PKn dan guru agama
|
Bim. Belajar
|
Memahami pengaruh hubungan teman sebaya terhadap
kegiatan belajar
|
Contoh-contoh pengaruh hubungan teman sebaya
terhadap kegiatan belajar baik pengaruh positif maupun pengaruh negatif
|
IX
|
2, 4, 1
|
Hpdt dan Apin
|
Segera, Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru PKn dan guru agama
|
Bim. Karir
|
Memahami bahwa baik pria atau wanita
mempunyai kedudukan yang sama dalam bekerja dan pengembangan karir
|
Konsep persamaan gender dalam pilihan dan
pengembangan karir
|
IX
|
2, 3, 4 dan 6
|
Hpdt dan Apin
|
Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru PKn dan guru agama
|
KETERANGAN :
JENIS LAYANAN KONSELING
|
JENIS KEGIATAN PENDUKUNG
|
TAHAP PENILAIAN
|
·
Orientasi
|
·
Aplikasi
instrumentasi
|
1. Layanan penilaian segera (LAYSEG)
|
·
Informasi
|
2.
Himpunan data
|
2. Layanan penilaian jangka pendek (JAPEN)
|
·
Penempatan
penyaluran
|
3. Konfrensi kasus
|
3. Layanan penilaian jangka panjang (JAPAN)
|
·
Penguasaan
konten
|
4. Tampilan kepustakaan
|
|
·
Konseling
perorangan
|
5. Alih tangan kasus
|
|
·
Konseling
kelompok
|
6. Kunjungan rumah
|
|
·
Konsultasi
|
||
·
Mediasi
|
PEMETAAN
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING KELAS IX SEMESTER 1
SMP
NEGERI 1 PAMARICAN 2010 – 2011
Jenjang Sekolah :
SMP Sub Tugas
Perkembangan : Memantapkan nilai dan
cara bertingkahlaku yang dapat diterima dalam kehidupan
yang lebih luas
Bid.
Bimbingan
|
Rumusan
Kompetensi
|
Materi
Pengembangan Kompetensi
|
Kelas
|
Keg.
Layanan
|
Keg.Pendukung
|
Penilaian
|
KET
|
Bim. Pribadi
|
Memahami nilai dan cara-cara berperilaku pribadi
dalam kehidupan diluar kelompok sebaya
|
Contoh-contoh nilai dan cara berperilaku pribadi
dalam kehidupan yang lebih luas
|
IX
|
6 dan 4
|
Hpdt
|
Segera, Japen, Japan
|
Kerjasama dengan guru PKn, guru agama
dan guru IPS
|
Bim. Sosial
|
Memahami nilai-nilai dan cara bertingkahlaku
sosial dalam kehidupan diluar kelompok sebaya
|
Contoh-contoh nilai dan cara berperilaku sosial
dalam kehidupan diluar kelompok sebaya
|
IX
|
1, 6
|
Hpdt
|
Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru PKn, guru IPS dan
guru agama
|
Bim. Belajar
|
Memahami pengaruh hubungan dalam kehidupan yang
lebih luas terhadap kegiatan belajar
|
Contoh-contoh pengaruh nilai dan cara
berperilaku dalam kehidupan yang lebih
luas terhadap kegiatan belajar
|
IX
|
1 , 6
|
Hpdt
|
Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru PKn, dan guru agama
|
Bim. Karir
|
Mampu memanfaatkan hubungan dalam
kehidupan yang lebih luas untuk pengembangan karir
|
Praktek mewujudkan hubungan yang baik antara
nilai dan cara berperilaku terhadap pengembangan karir
|
IX
|
4 dan 6
|
Hpdt
|
Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru PKn dan guru agama
|
KETERANGAN :
JENIS LAYANAN KONSELING
|
JENIS KEGIATAN PENDUKUNG
|
TAHAP PENILAIAN
|
·
Orientasi
|
·
Aplikasi
instrumentasi
|
1. Layanan penilaian segera (LAYSEG)
|
·
Informasi
|
2.
Himpunan data
|
2. Layanan penilaian jangka pendek (JAPEN)
|
·
Penempatan
penyaluran
|
3. Konfrensi kasus
|
3. Layanan penilaian jangka panjang (JAPAN)
|
·
Penguasaan
konten
|
4. Tampilan kepustakaan
|
|
·
Konseling
perorangan
|
5. Alih tangan kasus
|
|
·
Konseling
kelompok
|
6. Kunjungan rumah
|
|
·
Konsultasi
|
||
·
Mediasi
|
PEMETAAN
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING KELAS IX SEMESTER 1
SMP
NEGERI 1 PAMARICAN 2010 – 2011
Jenjang Sekolah :
SMP Sub Tugas
Perkembangan : Mengenal kemampuan
bakat minat serta arah kecenduerungan karir dan apresiasi seni
Bid.
Bimbingan
|
Rumusan
Kompetensi
|
Materi
Pengembangan Kompetensi
|
Kelas
|
Keg.
Layanan
|
Keg.Pendukung
|
Penilaian
|
KET
|
Bim. Pribadi
|
Memahami arah kecenderungan karir sesuai dengan
bakat dan minat
|
Identifikasi kecenderungan arah karir sesuai
dengan kemampuan bakat dan minat
|
IX
|
2, 6 dan 4
|
Hpdt dan apin
|
Japen, Japan
|
Kerjasama dengan guru bid.study ekskul
|
Bim. Sosial
|
Memahami aspek-aspek sosial terhadap kemampuan
pengembangan karir
|
Contoh aspek-aspek sosial berkaitan dengan
pengembangan karir
|
IX
|
2, 1, 6
|
Hpdt dan
apin
|
Segera, Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru IPS dan tes IQ
|
Bim. Belajar
|
Memahami pengaruh positif kecenderungan karir
terhadap kegiatan belajar
|
Contoh-contoh pengaruh positif kecenderungan
karir terhadap belajar
|
IX
|
2, 1 , 6
|
Hpdt, kon sus dan apin
|
Segera, Japan dan japan
|
Kerjasama dengan lembaga psikologi
|
Bim. Karir
|
Memahami pengaruh kemampuan bakat dan
minat terhadap karir
|
·
Contoh-contoh
pengaruh kemampuan bakat dan minat terhadap karir
·
Identifikasi
pengaruh kemampuan bakat dan minat sendiri terhadap karir
|
IX
|
4, 2 dan 6
|
Hpdt dan apin
|
Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru ekskul dan lembaga
psikologi
|
KETERANGAN :
JENIS LAYANAN KONSELING
|
JENIS KEGIATAN PENDUKUNG
|
TAHAP PENILAIAN
|
1. Orientasi
|
·
Aplikasi
instrumentasi
|
1. Layanan penilaian segera (LAYSEG)
|
2. Informasi
|
2.
Himpunan data
|
2. Layanan penilaian jangka pendek (JAPEN)
|
·
Penempatan
penyaluran
|
3. Konfrensi kasus
|
3. Layanan penilaian jangka panjang (JAPAN)
|
·
Penguasaan
konten
|
4. Tampilan kepustakaan
|
|
·
Konseling
perorangan
|
5. Alih tangan kasus
|
|
·
Konseling
kelompok
|
6. Kunjungan rumah
|
|
·
Konsultasi
|
||
·
Mediasi
|
PEMETAAN
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING KELAS IX SEMESTER 1
SMP
NEGERI 1 PAMARICAN 2010 – 2011
Jenjang Sekolah :
SMP Sub Tugas
Perkembangan : Mengembangkan
pengetahuan dan ketrampilan untuk mengikuti dan melanjutkan
pelajaran dan atau mempersiapkan diri
serta berperan dalam kehidupan masyarakat
Bid.
Bimbingan
|
Rumusan
Kompetensi
|
Materi
Pengembangan Kompetensi
|
Kelas
|
Keg.
Layanan
|
Keg.Pendukung
|
Penilaian
|
KET
|
Bim. Pribadi
|
Memiliki kesadaran dan dorongan untuk
melanjutkan pelajaran pada tingkat yang lebih tinggi
|
Motivasi dan semangat untuk belajar pada tingkat
yang lebih tinggi
|
IX
|
Infor dan pembelajaran
|
Hpdt dan apin
|
Japen, Japan
|
Kerjasama dengan guru bid.study
|
Bim. Sosial
|
Memahami dan mewujudkan aspek sosial dari upaya
melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi
|
Contoh aspek-aspek sosial dan upaya melanjutkan
pendidikan yang lebih tinggi
|
IX
|
Infor dan pembelajaran
|
Hpdt
|
Segera, Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru IPS dan tes IQ
|
Bim. Belajar
|
Mampu bekerja secara optimal untuk menguasai
bekal bagi program pelajaran lebih kanjut
|
Praktek mengembangkan sikap kebiasaan dan
ketrampilan belajar secara optimal untuk menguasai bekal bagi program
pelajaran lebih lanjut
|
IX
|
Infor dan pembelajaran
|
Hpdt
|
Segera, Japan dan japan
|
-
|
Bim. Karir
|
Mampu mengaitkan pengetahuan dan
ketrampilan yang diperoleh di SMP dengan arah pengembangan karir tertentu
|
Keterkaitan pengetahuan dan ketrampilan program
di SMP dengan arah pengembangan karir yang diinginkan
|
IX
|
Infor dan pembelajaran
|
Hpdt
|
Segera, Japan dan japan
|
-
|
KETERANGAN :
JENIS LAYANAN KONSELING
|
JENIS KEGIATAN PENDUKUNG
|
TAHAP PENILAIAN
|
1. Orientasi
|
·
Aplikasi
instrumentasi
|
1. Layanan penilaian segera (LAYSEG)
|
2. Informasi
|
2.
Himpunan data
|
2. Layanan penilaian jangka pendek (JAPEN)
|
·
Penempatan
penyaluran
|
3. Konfrensi kasus
|
3. Layanan penilaian jangka panjang (JAPAN)
|
·
Penguasaan
konten
|
4. Tampilan kepustakaan
|
|
·
Konseling
perorangan
|
5. Alih tangan kasus
|
|
·
Konseling
kelompok
|
6. Kunjungan rumah
|
|
·
Konsultasi
|
||
·
Mediasi
|
PEMETAAN
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING KELAS IX SEMESTER 1
SMP
NEGERI 1 PAMARICAN 2010 – 2011
Jenjang Sekolah :
SMP Sub Tugas
Perkembangan : Mengenal gambaran dan
pengembangan sikap tentang kehidupan
mandiri secara
emosional , sosial dan ekonomi
Bid.
Bimbingan
|
Rumusan
Kompetensi
|
Materi
Pengembangan Kompetensi
|
Kelas
|
Keg.
Layanan
|
Keg.Pendukung
|
Penilaian
|
KET
|
Bim. Pribadi
|
Memiliki kesadaran dan dorongan untuk melaksanakan
sikap dasar dalam kehidupan mandiri, emosional, sosial dan ekonomi
|
Motivasi untuk melaksanakan sikap dasar dalam
kehidupan mandiri, emosional, sosial dan ekonomi
|
IX
|
Infor dan pembelajaran
|
Hpdt dan apin
|
Segera, Japen, Japan
|
Kerjasama dengan guru agama,PKn, IPS dan
ortu
|
Bim. Sosial
|
Mewujudkan sikap dalam hubungan sosial berkenaan
dengan kehidupan mandiri secara emosional
, sosial dan ekonomi
|
Cara-cara bersikap dalam berhubungan sosial
berkenaan denagn kehidupan mandiri secara emosional, sosial dan ekonomi
|
IX
|
Infor dan pembelajaran
|
Hpdt
|
Segera, Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru agama,PKn, dan IPS
|
Bim. Belajar
|
Mampu mewujudkan pengaruh positif dari gambaran
kehidupan mandiri secara
emosional , sosial dan ekonomi
|
Cara-cara mewujudkan pengaruh positif dari
gambaran kehidupan mandiri secara emosional, sosial dan ekonomi dalam
kegiatan belajar serta penerapannya
|
IX
|
Infor dan pembelajaran
|
Hpdt
|
Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru agama,PKn, dan IPS
|
Bim. Karir
|
Mampu mewujudkan sikap dasar dalam pengembangan karir untuk kehidupan
mandiri secara emosional, sosial dan ekonomi
|
Cara-cara mewujudkan sikap dasar dalam
pengembangan karir untuk kehiduoan mandiri secara emosional, sosial dan
ekonomi serta penerapannya
|
IX
|
Infor dan pembelajaran
|
Hpdt
|
Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru agama,PKn, dan IPS
|
KETERANGAN :
JENIS LAYANAN KONSELING
|
JENIS KEGIATAN
PENDUKUNG
|
TAHAP PENILAIAN
|
1. Orientasi
|
·
Aplikasi instrumentasi
|
1. Layanan penilaian segera
(LAYSEG)
|
2. Informasi
|
2. Himpunan data
|
2. Layanan penilaian jangka
pendek (JAPEN)
|
·
Penempatan penyaluran
|
3. Konfrensi kasus
|
3. Layanan penilaian jangka
panjang (JAPAN)
|
·
Penguasaan konten
|
4. Tampilan kepustakaan
|
|
·
Konseling perorangan
|
5. Alih tangan kasus
|
|
·
Konseling kelompok
|
6. Kunjungan rumah
|
|
·
Konsultasi
|
||
·
Mediasi
|
PEMETAAN
SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING KELAS IX SEMESTER 1
SMP
NEGERI 1 PAMARICAN 2010 – 2011
Jenjang Sekolah :
SMP Sub Tugas
Perkembangan : Mengenal sistem etika
dan nilai-nilai bagi pedoman hidup pribadi, anggota masyarakat
dan warga negara
Bid.
Bimbingan
|
Rumusan
Kompetensi
|
Materi
Pengembangan Kompetensi
|
Kelas
|
Keg.
Layanan
|
Keg.Pendukung
|
Penilaian
|
KET
|
Bim. Pribadi
|
Memiliki dorongan yang kuat untuk berperilaku
sesuai dengan sistem etika dan nilai bagi pedoman hidup pribadi dan anggota
masyarakat
|
Motivasi untuk berperilaku sesuai dengan sistem
etika dan nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi dan anggota masyarakat
|
IX
|
Infor dan pembelajaran
|
Hpdt dan apin
|
Japen, Japan
|
Kerjasama dengan guru agama,dan PKn,
|
Bim. Sosial
|
Mewujudkan aspek-aspek sosial dalam sistem etika
dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat dan
warga negara
|
Cara-cara mewujudkan aspek-aspek sosial dalam
sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidu sebagai pribadi, anggota
masyarkat dan warga negara serta penerapannya
|
IX
|
Infor dan pembelajaran
|
Hpdt
|
Segera, Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru agama dan PKn
|
Bim. Belajar
|
Mampu mewujudkan pengaruh sistem etika dan nilai
bagi pedoman hidup sebagai pribadi, anggota masyarakat dan warga negara dalam
kegiatan belajar
|
Cara-cara mewujudkan pengaruh sistem etika dan
nilai-nilai bagi pedoman hidu sebagai pribadi, anggota masyarkat dan warga
negara serta penerapannya
|
IX
|
Infor dan pembelajaran
|
Hpdt dan
apin
|
Segera,
Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru bid study
|
Bim. Karir
|
Memahami penerapan sistem etika dan
nilai dalam pekerjaan dan pengembangan karir
|
Contoh-contoh penerapan pengaruh sistem etika
dan nilai-nilai bagi pekerjaan dan pengembangan karir
|
IX
|
Infor dan pembelajaran
|
Hpdt dan
apin
|
Japan dan japan
|
Kerjasama dengan guru bid study
|
KETERANGAN :
JENIS LAYANAN KONSELING
|
JENIS KEGIATAN PENDUKUNG
|
TAHAP PENILAIAN
|
1. Orientasi
|
·
Aplikasi
instrumentasi
|
1. Layanan penilaian segera (LAYSEG)
|
2. Informasi
|
2.
Himpunan data
|
2. Layanan penilaian jangka pendek (JAPEN)
|
·
Penempatan
penyaluran
|
3. Konfrensi kasus
|
3. Layanan penilaian jangka panjang (JAPAN)
|
·
Penguasaan
konten
|
4. Tampilan kepustakaan
|
|
·
Konseling
perorangan
|
5. Alih tangan kasus
|
|
·
Konseling
kelompok
|
6. Kunjungan rumah
|
|
·
Konsultasi
|
||
·
Mediasi
|
PEMETAAN SILABUS PELAYANAN BIMBINGAN
KONSELING
0 komentar:
Posting Komentar