PTK Akidah Akhlaq Pada Siswa Kelas VII MTs N
JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK
HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306
Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini
Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Guna Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt Dalam Pelajaran Akidah Akhlaq Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri… Tahun Pelajaran 2011/2012
LAPORAN TINDAKAN KELAS
Dalam Rangka Memenuhi Salah Satu Syarat
Guna Memperoleh Sertifikasi Guru
OLEH :
………………..
NIP. ………………..
DINAS PENDIDIKAN KOTA ….
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan….. Kabupaten Madiun hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama : ………………
NIP : …………………..
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian :
4. Judul : Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Guna Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt Dalam Pelajaran Akidah Akhlaq Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri… Tahun Pelajaran 2011/2012
Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt SWT
……………20…
Kepala Sekolah
……………
NIP. …………………..
HALAMAN PUBLIKASI
Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan…. hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama : ………………
NIP : …………………..
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian :
3. Lama Penelitian :
4. Judul : Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Guna Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt Dalam Pelajaran Akidah Akhlaq Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri… Tahun Pelajaran 2011/2012
Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan Madrasah …..
……………… 20….
Pustakawan
………………
NIP. ………………….
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Guna Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt Dalam Pelajaran Akidah Akhlaq Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri… Tahun Pelajaran 2011/2012, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
- Yth. Kepala Dinas Pendidikan Kota ……………
- Yth. Ketua PD II PGRI Kota ………………..
- Yth. Rekan-rekan Guru …………………………………………..
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
ABSTRAK
………………, Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Guna Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt Dalam Pelajaran Akidah Akhlaq Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri… Tahun Pelajaran 2011/2012
Kata Kunci: Quantum Teaching
Berbagai dampak negatif dalam menggunakan metode kerja kelmpok tersebut seharusnya bisa dihindari jika saja guru mau meluangkan lebih banyak waktu dan perhatian dalam mempersiapkan dan menyusun metode kerja kelompok. Yang diperkanalkan dalam metode pembelajaran Quantum Teaching bukan sekedar kerja kelompok, melainkan pada penstrukturannya. Jadi, sistem pengajaran Quantum Teaching bisa didefinisikan sebagai kerja/belajar kelompok yang terstruktur. Yang termasuk di dalam struktur ini adalah lima unsru pokok (Johnson & Johnson, 1993), yaitu saling ketergantungan positif, tanggung jawab individual, interaksi personal, keahlian bekerja sama, dan proses kelompok.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar Akidah Akhlaq ? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Akidah Akhlaq dengan diterapkannya metode pembelajaran Quantum Teaching?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar Akidah Akhlaq . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Akidah Akhlaq setelah diterapkannya pembelajaran Quantum Teaching
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VII Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (69%), siklus II (79%), siklus III (88%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode Quantum Teaching dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ………………………………., serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Akidah Akhlaq.
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul …………………………………………………………………………………….
Halaman Pengesahan ……………………………………………………………………………………
Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….
Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….
Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….
BAB ….. I PENDAHULUAN
- Latar Belakang Masalah …………………………………………………….
- Perumusan Masalah…………………………………………………………….
- Tujuan Penelitian ……………………………………………………………….
- Pentingnya Penelitian …………………………………………………………
- Definisi Operasional Variabel ……………………………………..
- Batasan Masalah ……………………………………………………………….
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Pengertian Metode Pembelajaran…………………………………
B. Metode Quantum Teaching…………………………………………
C.. Materi Pembelajaran Akidah Akhlaq Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt SWT
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
- Bentuk Penelitian Tindakan ………………………………………………..
- Tempat, Waktu, dan Subyek Penelitian ………………………………..
- Rancangan Penelitian ………………………………………………………..
- Instrumen Penelitian ………………………………………………………….
- Metode Pengumpulan Data ………………………………………………..
- Teknik Analisis Data ………………………………………………………….
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
- Analisi Item Butir Soal ……………………………………………………..
- Analisis Data Penelitian Persiklus ……………………………………….
- Pembahasan ……………………………………………………………..
BAB V PENUTUP
- Kesimpulan ………………………………………………………………………
- Saran-saran ……………………………………………………………………….
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Anak didik adalah merupakan salah satu faktor pendidikan yang paling penting, karena tanpa adanya faktor tersebut maka pendidikan tidak akan berlangsung.
Menurut ajaran Islam dikatakan bahwa pada anak tersebut telah mempunyai pembawaan untuk beragama yang dikenal dengan fitrah, kemudian fitrah tersebut akan berjalan kearah yang benar bilamana memperoleh pendidikan agama dengan baik dan mendapatkan pengaruh yang baik pula dalam lingkungan hidupnya. Rasulullah SAW bersabda :
Dari Abu Hurairah r.a. katanya Rasulullah SAW bersabda :”Tidak seorang jua pun bayi yang baru lahir melainkan dalam keadaan suci. Maka kedu orang tuanyalah yang menyebabkan anak anak itu menjadi Yahudi, Nasrani dan Musyrik”.
Pendidikan agama yang merupakan bagian terpenting dari pendidikan dalam melestarikan aspek-aspek sikap dan nilai keagamaan harus dioperasionalkan secara konstruktif dalam masyarakat, keluarga dan diri sendiri. Maka pendidikan agama harus mempunyai tujuan yang berintikan tiga aspek, iman, ilmu dan amal yang merupakan sendi-sendi yang tak terpisahkan.
Tujuan yang dimaksud adalah seperti diungkapkan oleh Zakiah Daradjat dalam bukunya Ilmu Pendidikan Islam yaitu sebagai berikut :
- Menumbuh suburkan dan mengembangkan serta membentuk sikap positif dan disiplin serta cinta terhadap agama dalam pelbagai kehidupan anak yang nantinya diharapkan akan menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta taat kepada perintah-Nya dan perintah Rasul-Nya.
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta taat kepada perintah-Nya dan Rasul-Nya. Ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya merupakan motivasi instrinsik terhadap pengembangan ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh anak. Berkat pemahaman tentang pentingnya agama dan ilmu pengetahuan, maka anak menyadari keharusan menjadi seorang hamba Allah yang beriman dan berilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mencari ridha Allah SWT dan menambah ketakwaan.
- Menumbuhkan dan membina ketrampilan beragama dalam semua lapangan hidup dan kehidupan serta dapat memahami dan menghayati ajaran agama Islam secara mendalam dan bersifat menyeluruh, sehingga dapat digunakan sebagai way of life baik hubungan dengan dirinya, dengan Allah melalui ibadah shalat umpamanya, dalam hubungan sesama manusia yang tercermin dalam akhlak serta dalam hubungan dirinya dengan alam sekitar melalui cara pemeliharaan dan pengolahan alam serta pemanfaatan hasil usahanya.
Dari latar belakang masalah tersebut, maka peneliti merasa terdorong untuk mengambil judul “ Implementasi Pembelajaran Quantum Teaching Guna Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt Dalam Pelajaran Akidah Akhlaq Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri… Tahun Pelajaran 2011/2012”.
B. Rumusan Masalah
Merujuk pada uraian latar belakang di atas, dapat dikaji ada beberapa permasalahan yang dirumuskan sebagai berikut:
- Apakah pembelajaran Pembelajaran Quantum Teaching berpengaruh terhadap hasil belajar Akidah Akhlaq pada materi Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt SWT Kelas VII tahun pelajaran 2011/2012?
- Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi puasa pelajaran Akidah Akhlaq dengan diterapkannya metode Pembelajaran Quantum Teaching pada siswa Sekolah…………. Kelas VII tahun pelajaran 2011/2012?
C. Tujuan Penelitian
Berdasar atas rumusan masalah di atas, maka tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah:
- Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Quantum Teaching terhadap kreatifitas siswa dalam pelajaran Akidah Akhlaq pada akhlaq tercela Kelas VII MTs Negeri….. tahun pelajaran 2011/2012.
- Ingin mengetahui seberapa jauh kreatifitas siswa dalam mata pelajaran Akidah Akhlaq pada materi Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt SWT setelah diterapkannya Pembelajaran Quantum Teaching pada siswa Kelas VII MTs Negeri…..
D. Pentingnya Penelitian
- Hasil dan temuan penelitian ini dapat memberikan informasi tentang Pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran Akidah Akhlaq pada materi Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt SWT oleh guru Kelas VII tahun pelajaran 2011/2012.
- Sekolah sebagai penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlaq pada materi Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt SWT.
- Guru, sebagai bahan pertimbangan dalam menentukan metode pembelajaran yang dapat memberikan manfaat bagi siswa.
- Siswa, dapat meningkatkan motiviasi belajar dan melatih sikap sosial untuk saling peduli terhadap keberhasilan siswa lain dalam mencapai tujuan belajar.
- Menambah pengetahuan dan wawasan penulis tentang peranan guru Akidah Akhlaq dalam meningkatkan pemahaman siswa belajar Akidah Akhlaq.
- Sumbangan pemikiran bagi guru Akidah Akhlaq dalam mengajar dan meningkatkan pemahaman siswa belajar Akidah Akhlaq.
E. Batasan Masalah
Karena keterbatasan waktu, maka diperlukan pembatasan masalah meliputi:
- Penelitian ini hanya dikenakan pada siswa Sekolah………. Kelas VII tahun pelajaran 2011/2012.
- Penelitian ini dilakukan pada bulan September semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012.
- Materi yang disampaikan adalah pokok bahasan Meningkatkan Pemahaman Mengenal Sifat Wajib, Mustahil dan Jaiz Allah swt SWT.
0 komentar:
Posting Komentar