bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

DESKRIPSI DAN TANGGUNG JAWAB DISEKOLAH

Sabtu

DESKRIPSI DAN TANGGUNG JAWAB DISEKOLAH


Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini


A.    Kepala Sekolah
Sebagai penanggung jawab kegiatan pendidikan di sekolah, tugas kepala sekolah ialah:
1.      mengoordinasikan seluruh kegiatan pendidikan, yang meliputi kegiatan pengajaran, pelatihan, serta bimbingan dan konseling di sekolah;
2.      menyediakan dan melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan dalam kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah;
3.      memberikan kemudahan bagi terlaksananya program bimbingan dan konseling di sekolah;
4.      melakukan supervisi terhadap pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah;
5.      menetapkan koordinator guru bimbingan dan konseling yang bertanggung jawab atas koordinasi pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah berdasarkan kesepakatan bersama guru bimbingan dan konseling;
6.      membuat surat tugas guru bimbingan dan konseling dalam proses bimbingan dan konseling pada setiap awal catur wulan;
7.      menyiapkan surat pernyataan melakukan kegiatan bimbingan dan konseling sebagai bahan usulan angka kredit bagi guru pembimbing. Surat pernyataan ini dilampiri bukti fisik pelaksanaan tugas;
8.      mengadakan kerja sama dengan instansi lain yang terkait dalam pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling.
B.     Wakil Kepala Sekolah
Wakil kepala sekolah membantu kepala sekolah dalam hal:
1.      mengoordinasikan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling kepada semua personel sekolah;
2.      melaksanakan kebijakan pimpinan sekolah terutama dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling.

C.    Koordinator Bimbingan dan Konseling
Tugas-tugas koordinator bimbingan dan konseling dapat dirinci seperti:
1.      mengoordinasikan para guru bimbingan dan konseling dalam:
  1. memasyarakatkan pelayanan bimbingan dan konseling;
  2. menyusun program bimbingan dan konseling;
  3. melaksanakan program bimbingan dan konseling;
  4. mengadministrasikan kegiatan bimbingan dan konseling
  5. menilai program bimbingan dan konseling;
  6. mengadakan tindak lanjut
2.      membuat usulan kepada kepala sekolah dan mengusahakan terpenuhinya tenaga, sarana, dan prasarana;
3.      mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling kepada kepala sekolah.
D.    Guru Bimbingan dan Konseling (Konselor)
Adapun tugas guru bimbingan dan konseling ialah:
1.      memasyarakatkan kegiatan bimbingan dan konseling;
2.      merencanakan program bimbingan dan konseling;
3.      merumuskan persiapan kegiatan bimbingan dan konseling
4.      melaksanakan layanan bimbingan dan konseling terhadap peserta didik yang menjadi tanggung jawabnya
5.      menilai proses dan hasil kegiatan layanan bimbingan dan konseling;
6.      menganalisis hasil penilaian;
7.      melaksanakan tindak lanjut berdasarkan hasil analisis penilaian
8.      mengadministrasikan kegiatan bimbingan dan konseling;
9.      mempertanggungjawabkan tugas dan kegiatan kepada koordinator guru bimbingan dan konseling.
E.     Guru Mata Pelaiaran
Guru adalah personel yang sangat penting dalam aktivitas bimbingan dan konseling. Tugas-tugasnya adalah:
1.      membantu memasyarakatkan bimbingan dan konseling kepada peserta didik;
2.      melakukan kerjasama dengan guru bimbingan dan konseling dalam mengidentifikasi peserta didik yang memerlukan bimbingan dan konseling;
3.      mengalihtangankan peserta didik yang memerlukan bimbingan dan konseling kepada guru bimbingan dan konseling;
4.      mengadakan upaya tindak lanjut layanan bimbingan dan konseling (program perbaikan dan program pengayaan);
5.      memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperoleh layanan bimbingan dan konseling dari guru bimbingan dan konseling;
6.      membantu mengumpulkan informasi yang diperlukan dalam rangka penilaian layanan bimbingan dan konseling; serta
7.      ikut serta dalam program layanan bimbingan dan konseling.
F.     Wali Kelas
Wali kelas sebagai mitra kerja konselor, juga memiliki tugas-tugas bimbingan dan konseling, yaitu:
1.      membantu guru bimbingan dan konseling melaksanakan layanan bimbingan dan konseling yang menjadi tanggung jawabnya;
2.      membantu memberikan kesempatan dan kemudahan bagi peserta didik, khususnya di kelas yang menjadi tanggungjawabnya, untuk mengikuti layanan bimbingan dan konseling;
3.      memberikan informasi tentang peserta didik di kelasnya untuk memperoleh layanan bimbingan dan konseling dari guru bimbingan dan konseling;
4.      menginformasikan kepada guru mata pelajaran tentang peserta didik yang perlu diperhatikan khusus; serta
5.      ikut serta dalam konferensi kasus.
G.    Staf Administrasi
Seperti personel bimbingan lain, staf administrasi pun adalah personel yang memiliki tugas bimbingan khusus, yaitu:
1.      membantu guru bimbingan dan konseling (konselor) dan koordinator dalam mengadministrasikan seluruh kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah;
2.      membantu mempersiapkan seluruh kegiatan bimbingan dan konseling;
3.      membantu menyiapkan sarana yang diperlukan dalam layanan bimbingan dan konseling.
STRUKTUR ORGANISASI BIMBINGAN DAN KONSELING
DI SEKOLAH MENENGAH ATAS



Lampiran II
RANCANGAN STRUKTUR PROGRAM
BIMBINGAN DAN KONSELING
1.      Rasional/Landasan
Rumuskan dasar pemikiran tentang urgensi bimbingan dan konseling dalam keseluruhan program sekolah. Ke dalam rumusan ini dapat menyangkut konsep dasar yang digunakan, kaitan bimbingan dan konseling dengan pembelajaran/ implementasi kurikulum, dampak perkembangan iptek dan sosial budaya terhadap gaya hidup masyarakat (termasuk para siswa), dan hal-hal lain yang dianggap relevan.
2.      Visi dan Misi
Runuskan sepanjang memungkinkan, dan dirumuskan sejalan dengan visi, misi sekolah. Mungkin juga terkandung secara implisit/eksplisit dalam rasional.
3.      Deskripsi Kebutuhan Siswa
Rumuskan hasil needs assessment (penilaian kebutuhan) siswa dan lingkungannya ke dalam rumusan perilaku-perilaku yang diharapkan dikuasai siswa. Rumusan ini tiada lain adalah rumusan tugas-tugas perkembangan/kompetensi. Bidang-bidang perkembangan/kompetensi bisa merujuk kepada yang disepakati bersama.
4.      Tujuan
Rumuskan tujuan yang akan dicapai dalam bentuk perilaku yang harus dikuasai siswa setelah memperoleh layanan bimbingan dan konseling. Sangat baik apabila tujuan dapat dirumuskan ke dalam tataran/level tujuan:
a.       Penyadaran
b.      Akomodasi
c.       Tindakan
5.      Komponen Program
a.       Komponen Layanan Dasar
b.      Komponen Responsif
c.       Komponen Perencanaan Individual
d.      Komponen dukungan sistem (manajemen)
6.      Rencana Operasional (Action Plan)
Atas dasar komponen program di atas lakukan:
a.       Identifikasikan dan rumuskan berbagai kegiatan yang harus/perlu dilakukan. Kegiatan ini diturunkan dari perilaku/tugas perkembangan/kompetensi yang harus dikuasai siswa.
b.      Pertimbangkan porsi waktu yang diperlukan untuk melaksanakan setiap kegiatan di atas. Apakah kegiatan itu dilakukan dalam waktu tertentu atau terus-menerus.
c.       Tuangkan kegiatan dimaksud ke dalam rancangan jadwal kegiatan untuk selama satu tahun. Rancangan ini bisa dalam bentuk matrik.
d.      Hal-hal lain yang dianggap perlu dicantumkan silakan disepakati, sepanjang tidak mengganggu makna dari rencana operasional ini.
7.      Pengembangan Tema/Topik (bisa dalam bentuk dokumen tersendiri)
Tema ini merupakan rincian lanjut dari kegiatan yang sudah diidentifikasikan yang terkait dengan tugas-tugas perkembangan
8.      Pengembangan Satuan Layanan (bisa dalam bentuk dokumen tersendiri)
Dikembangkan secara bertahap sesuai dengan tema/topik.
9.      Evaluasi
Rumuskan rencana evaluasi perkembangan siswa atas dasar tujuan yang ingin dicapai. Sejauh mungkin perlu dirumuskan pula evaluasi program yang berfokus kepada keterlaksanaan program, sebagai bentuk akuntabilitas layanan bimbingan dan konseling.
10.  Anggaran
Nyatakan rencana anggaran untuk mendukung implementasi program secara cermat dan rasional/realistik.
11.  (Hal lain yang dianggap perlu, silakan didiskusikan)
You are free to and responsible for the development of school guidance and counseling program. Do not hesitate to decide and implement the program that you think the best for your client.


Lampiran III
CONTOH PERENCANAAN
SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Perkembangan Pribadi-Sosial
Aspek              : Manajemen Diri dan Perilaku Tanggungjawab
Kompetensi     : Pentingnya pertumbuhan dan perubahan perilaku
Topik/Tema     : Pertanyaan Mutu Perilaku
Tingkat kelas   : 6-8                                                     Waktu                         2 sesi kelas
 


Bahan
Lembar kerja ”Pertanyaan Mutu Perilaku”.
 


Evaluasi
Peserta didik akan mengidentifikasi mutu perilaku dirinya dan mengaitkannya dengan kepentingan kerja
 


Prosedur
1.      Konselor mengarahkan diskusi kelas tentang mutu perilaku dan meminta contoh dari kelas. Contoh ini ditulis dan didaftar dalam chart.
2.      Hand out ”Pertanyaan Mutu Perilaku” dalam bentuk lembar kerja.
3.      Jika peserta didik sudah selesai mengisi lembar kerja, diskusikan jawaban mereka dan perintahkan mereka untuk mengidentifikasi dua cara perbaikan perilaku yang dijawab ”tidak”.
4.      Pilih tiga perilaku bermutu dari dirinya dan kaitkan kepentingan perilaku tersebut dengan pekerjaan atau tugas-tugas akademik. Tulis di bagian belakang lembar kerja.



PERTANYAAN MUTU PERILAKU

X
 
 


Jawab Ya atau Tidak atas pertanyaan berikut:

                                                                                                              Ya     Tidak
1.      Apakah kamu selalu jujur?                                                           _____  _____
2.      Apakah kamu mampu mengendalikan diri?                                 _____  _____
3.      Dapatkah kamu berkonsentrasi kerja?                                         _____  _____
4.      Apakah kamu bekerja dengan mutu tinggi?                                _____  _____
5.      Apakah kamu mendengarkan orang lain?                                    _____  _____
6.      Apakah kamu selalu berbuat yang terbaik?                                 _____  _____
7.      Dapatkah kamu bekerja dengan orang lain dalam kelompok?     _____  _____
8.      Apakah kamu seorang pemimpin?                                               _____  _____
9.      Apakah kamu berbuat supaya orang lain berkesan baik?             _____  _____
10.  Apakah kamu selalu mengerjakan tugas tepat waktu?                _____  _____
11.  Apakah kamu bersahabat?                                                           _____  _____
12.  Apakah kamu merasa bahagia dalam banyak hal?                       _____  _____
13.  Apakah kamu senantiasa berperasaan baik tentang dirimu?        _____  _____
14.  Apakah kamu senantiasa tepat waktu?                                        _____  _____
15.  Apakah kamu suka belajar?                                                         _____  _____

0 komentar:

Posting Komentar

JASA PEMBUATAN PTBK

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294
JASA PTBK