bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

Pengertian Dan Contoh Paragraf Deduktif

Jumat

 Pengertian Dan Contoh Paragraf Deduktif

JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini

Pengertian Paragraf Deduktif

Pembahasan pertama tentu adalah pengertian deduktif, apakah sebenarnya paragraf deduktif itu? . Sebelum itu marilah kembali kita membahasa tentag apa itu paragraf, paragraf adalah sebuah kumpulan kalimat yang berisi sebuah ide dengan dibarengi beberapa kalimat yang memperjelas ide tersebut. Beberapa paragraf akan disusun menjadi sebuah teks/karangan.
Sedangkan paragraf deduktif adalah sebuah paragraf yang memiliki ide berupa kalimat utama di awal paragraf yang kemudian diikuti kalimat kalimat penjelas.
Kalimat penjelas pada paragraf deduktif dapat berupa contoh – contoh, rincian khusus, bukti bukti dan lain sebagainya.

Ciri Ciri Paragraf Deduktif

Dari pengertian diatas dapat kita tarik beberapa ciri khusus kalimat deduktif. Berikut ini ciri cirinya
  1. Kalimat utama terletak di awal paragraf
  2. Kalimat kalimatnya disusun mulai dari pernyataan umum kemudian diikuti dengan penjelasanya.
Dari ciri ciri tersebut dapat kita tarik kesimpulan bahwa pola paragraf ini adalah umum -> khusus -> khusus -> khusus -> dst

Contoh Paragraf Deduktif

Setelah memahami tentang pengertian serta ciri ciri paragraf deduktif mari kita lanjut ke bagian berikutnya adalah contoh paragraf deduktif.
Dalam memahami sebuah teks/paragraf, melihat contohnya adalah hal yang paling penting. Dengan melihat contoh yang benar, kita bisa lebih paham sekaligus tahu gambaran tentang teks tersebut.
Berikut ini contoh contoh paragraf deduktif

Contoh 1Macet merupakan makanan sehari hari warga jakarta, tiada hari tanpa macet. Macetnya jakarta disebabkan oleh banyak faktor. Pertama adalah volume kendaraan yang melebihi volume kapasitas jalan. Yang kedua adalah kurang baiknya penataan kota yang sering disalahgunakan warga untuk berdagang di jalan, sehingga memakan badan jalan. Ketiga adalah kurang bagusnya atitude berkendara, salip menyalip ingin menang sendiri tidak mau antri. Dan yang terakhir adalah transportasi masal yang kurang memadai sehingga membuat warga jakarta lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi.

Pembahasan contoh pertama

Dalam contoh pertama, ide pokok berada di awal paragraf. Ide pokok dari paragraf diatas adalah Macetnya kota jakarta. Kemudian diikuti dengan beberapa kalimat penjelas setelahnya.

Contoh KeduaBola basket adalah olahraga yang menuntuk otot dan otak untuk bekerja keras. Permainan basket dilaksanakan selam 4 kali 15 menit, hal itu akan menuntut para pemainya untuk memiliki fisik yang prima. Olahraga ini juga menuntut pemain untuk saling bekerjasama dengan baik dalam strategi bermain, 5 otak harus disatukan untuk menjadi sebuah team yang kompak. Kombinasi fisik dan otak tersebut harus seimbang selama pertandingan.

Pembahasan contoh kedua

Pada contoh kedua, ide pokok tetap berada di awal kalimat (karena memang masih membahas paragraf deduktif). Ide pokoknya adalah basket adalah olahraga yang menuntuk otot dan otak untuk bekerja keras. Kemudian setelahnya diikuti dengan kalimat penjelas yang mendukung ide pokok.

Kesimpulan

Dari ulasan diatas, dapat ditarik kesimpulan singkat. Paragraf deduktif adalah paragraf yang ide pokoknya terletak di awal paragraf. Cirinya, paragraf ini langsung diawali ide pokok kemudian diikuti kalimat penjelas.
Itulah ulasan lengkap bangkudepan tentang paragraf deduktif, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca setia bangkudepan.com. Jangan lupa Like dan Share jika bermanfaat. Ciao !

0 komentar:

Poskan Komentar

JASA PEMBUATAN PTBK

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294
JASA PTBK