bp bk smp Selamat Datang di blog Kami. Silahkan Browsing dan Cari data anda
bp bk lengkap

Tip/Cara Mudah Membuat Proposal Usaha

Jumat

Tip/Cara Mudah Membuat Proposal Usaha


JASA PEMBUATAN ADMINISTRASI BP/BK DI SEKOLAH DAN PTK/BK

HUBUNGI KAMI DI 081222940294
WA: 081222940294
BBM: 5AA33306

Untuk Detail Harga Administrasi Dan Perangkat BK Klik Disini
Untuk Pilihan Judul Dan detail Harga PTK/BK Klik Disini
Atau Cek FB Kami Disini

Ketika anda ingin memulai usaha, namun anda tidak memiliki modal pribadi maka salah satu caranya adalah dengan mencari modal ataupun pemodal. Satu hal yang penting dalam mencari modal usaha adalah proposal usaha. Proposal menjadi senjata utama agar pemodal tertarik berinvestasi atau meminjamkan modalnya untuk usaha anda. Berikut ini beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang proposal usaha.

Seluk Beluk Penulisan Proposal Usaha

Sesuai dengan namanya, prosposal adalah suatu bentuk pengajuan, permohonan dan atau penawaran terhadap suatu gagasan maupun pemikiran yang direncanakan secara sistematis kepada pihak pihak lain agar mendapatkan dukungan, bisa berupa izin, persetujuan dan dana. Proposal biasanya dibuat dalam bentuk tertulis oleh orang atau atas nama sekelompok orang yang menggambarkan suatu rencana dan tujuan kegiatan  tertentu. salah satu bentuk proposal yang sering dibuat adalah proposal usaha, di mana akan berhubungan dengan kegiatan usaha yang dijalankan untuk mendapatkan dukungan pihak lain, misalnya untuk mendapatkan kredit modal tambahan usaha, atau mendapatkan dana dari investor / rekanan usaha.
Pembuatan proposal usaha ini cukup penting bagi mereka yang ingin mengembangkan usahanya terutama bagi mereka yang belum cukup punya dana pengembangan usaha. Dengan membuat proposal seperti ini diharapkan ada bentuk dukungan dari pihak lain yang masuk sehingga nantinya bisa digunakan kelanjutannya dalam memperbesar omset usaha, baik dana kredit dari bank, dari kolega yang ingin menginvestasikan dananya, misalnya teman, saudara, atau orang lain yang akan akan diajak bergabung dalam suatu usaha dengan mengetahui gambaran usahanya secara keseluruhan termasuk semua unsur-unsur yang terkait dengan usaha. Gambaran usaha yang dijabarkan sangat penting untuk memberi penjelasan mengenai usaha bisnis apa yang akan dilakukan, kemana proposal usaha akan dibawa dan bagaimana pelaku usaha dapat mewujudkan segala yang tertuang dalam proposalnya.

Tujuan proposal usaha

Sebuah proposal akan membantu wirausahawan untuk membuat gambaran keseluruhan tentang usaha yang dijalankannya serta potensi pengembangan yang nanti direncanakan. Tujuan ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan menganalisa usahanya sendiri apakah memang dirasa perlu pengembangan lanjutan. Dengan adanya proposal ini, membantu seorang pelaku usaha untuk menguji strategi usahanya dan mengembangkan strategi tersebut untuk perkembangan usahanya. Selain itu, proposal usaha yang utama dapat digunakan pula untuk mendapatkan investor baru yang akan membantu pengembangan usaha. Kehadiran investor yang menanamkan modalnya ini sangat dibutuhkan terutama oleh pemain baru usaha, yang mempunyai minimal modal untuk pengembangan bisnisnya. Dengan modal yang bertambah besar, harapannya omset usaha semakin besar, pemasaran produk usaha semakin melebar, dan hasil akhirnya adalah keuntungan yang didapatkan semakin meningkat. Keuntungan inilah yang nantinya dibagikan dengan investor dengan perjanjian tertentu seperti yang tertulis pada proposal dan kesepakatan bersama.
Wirausahawan atau pelaku usahamerupakanpemilik dan pemegang inisatif usaha membuat proposal yang ditujukan pula untuk kerjasama atau merger dengan perusahaan besar yang sudah ada dan sudah lama berdiri. Wirausaha dapat mengatur dan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang sudah ada dan saling menguntungkan denganpersyaratan yang dibuat dengan kesepakatan sendiri antara dua pihak. Dengan adanya proposal ini ada jaminan tentang fokus tujuan dari berbagai personil yang ada didalam konsep usaha.

Fungsi Proposal Usaha

Fungsi penulisan proposal dalam hal kewirausahaan ini sangat banyak. Salah satunya adalah berfungsi sesuai dengan tujuan yang telah dijabarkan yaitu untuk mengundang orang/pihak tertentu untuk ikut bergabung dalam kegiatan wirausaha. Selain itu, mengatur bentuk kerja sama dengan pihak lain tersebut untuk lebih fokus sesuai dengan kesepakatan. Proposal usaha berfungsi pula sebagai dokumen pengembangan usaha yang sifatnya pribadi atau intern di dalam usaha. Proposal juga dijadikan sebagai media komunikasi kepada pihak lain yang menginginkan kerjasama dengan melihat strategi usaha dan sasaran usaha yang dijalankan. Proposal ini merupakan dokumen tertulis yang dibuat oleh wirausaha yang memuat rincian rencana usaha yang baru atau lama dijalankan dengan konsep-konsep pengembangan ke depannya.

Manfaat Proposal Usaha

Sesuai dengan tujuan proposal bisnis yang dikemukakan sebelumnya, ada beberapa manfaat yang bisa diambil berdasarkan tujuannya. Manfaatnya untuk membandingkan antara perkiraandengan hasil yang nyata, mengembangkan dan menguji strategidan hasil yang diharapkandari sudut pandang pihak lain, menjadi alat komunikasi bagi wirausahawan untuk memaparkan dan meyakinkan gagasannya kepada pihak lain secara menyeluruh, investor dapat berpikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan dimasukinya, memberikan sumber-sumber finansial yang jelas, dokumen ringkas yang mengandung informasi penting dan evaluasi finansial, menggambarkan kemampuan manajerial seseorang wirausahawan, memberikan gambaran tentang kemampuan wirausahawan untuk memenuhi kewajibannya atas kerjasama atau dana kredit yang digunakannya.
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyusunan proposal bisnis di antaranya pengetahuan, teknologi, daya kreatifitas, inisiatif, inovatif, kemampuan membuat proyeksi atau prediksi keuangan, kemampuan dalam bidang pemasaran / marketing, pengalaman dalam bidang usaha yang digelutinya.

0 komentar:

Posting Komentar

JASA PEMBUATAN PTBK

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294 DETAIL HARGA KLIK DISINI

Popular BP BK Posts

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294

BUTUH PTBK DAN ADMINISTRASI BK? HUB KAMI DI 081222940294
JASA PTBK